KODIM 0718/PATI PANEN PADI DEMPLOT, HASILKAN 7,7 TON SE-HEKTAR


Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani
pimpin panen padi demplot di Desa Karangwage




Pati, RadarMuria.Com
Kodim 0718/Pati panen padi demplot di Dukuh Jolali Desa Karangwage Kecamatan Trangkil, Jumat (3/7).

Panen padi yang dimulai pukul 08.00 itu dipimpin langsung Dandim Letkol CZi Adi Ilham Zamani didampingi Perwira Staf, dengan menggunakan  2 unit mesin panen jenis combine.

Turut hadir Danramil 21/Trangkil  Lettu Inf Suwoyo, Kades Karangwage Teguh Utama dan  Ketua Gapoktan Tani Mulyo Sutowo serta Petugas Penyuluh Pertanian desa setempat.

Panen padi dalam rangka ketahanan pangan itu mengambil tema "Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Wujyd Kepedulian TNI AD Terhadap Perekonomian Bangsa".

Dipilihnya wilayah Kecamatan Trangkil menjadi lahan program ketahanan pangan oleh Kodim Pati, karena wilayah itu memiliki sistem irigasi pertanian yang memadai, mengandalkan air hujan dan air sumur bor.

Sehingga dalam satu tahun bisa panen padi sebanyak 3 kali, dengan hasil baik.



Dandim Letkol CZi Adi Ilham Zamani mengatakan, panen padi demplot  milik Kodim 0718/Pati itu mencapai 1 hektar dengan varietas  Inpari 32.

“Syukur allhamdulillah, pagi ini kita bersama-sama mengikuti kegiatan anen padi di demplot milik Kodim 0718/Pati seluas sekitar 1 hektar, dengan  varietas Inpari 32,” terang Letkol Adi.

Perwira Seksi  Teritorial Kodim 0718/Pati Kapten Inf Kusmiyanto menambahkan, sawah demplot yang dikelola Kodim Pati dengan sistem sewa  itu mampu menghasilkan  gabah basah sekira 7,7 ton.

“Untuk sawah yang kita tanami padi ini adalah menyewa dari petani, selanjutnya pemrosesan padi kita titipkan pada pihak ketiga (penggilingan padi) yang merupakan mitra Kodim. Beras (yang dihasilkan) tersebut akan kita simpan, suatu saat akan kita gunakan untuk kegiatan bantuan sosial apabila terjadi bencana alam,” tambah Kapten Kusmiyanto.

(RM. Usman : /Snpt.Pendim)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.