SERTIJAB 36 KEPALA SD NEGERI DI LINGKUNGAN DISDIKBUD KABUPATEN PATI

Penandatanganan Berita Acara Sertijab Kepala SD Negeri, disaksikan Kepala Disdikbud Kabupaten Pati, 
Winarto, S.Pd; M. Hum





Pati, RadarMuria.Com          Sebanyak 36 Kepala UPTD Sekolah Dasar (SD) Negeri di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, menjalani serah terima jabatan (sertijab), Senin (15/2).

Sertijab dilaksanakan di Gedung PGRI Jalan Syeh Jangkung Pati, dihadiri Kepala Disdikbud Winarto bersama Sekretaris  dan Kabid Pembinaan SD, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam sambutan, Kepala Disdikbud, Winarto mengatakan, serah terima harus dipahami dan dimaknai sebagai sesuatu yang penting terkait hak dan kewajiban.

"Tidak usah menunggu lama, laksanakan tugas dan kewajiban  sebagai kepala sekolah. Karena secara hukum, sudah menjadi tanggung jawab", kata Winarto.


Sebanyak 36 Kepala UPTD SD Negeri di lingkungan Disdikbud Kabupaten Pati menjalani serah terima jabatan.


Dia menambahkan, kedua pihak dalam serah terima itu, masing - masing harus profesional dan bisa mikul dhuwur mendhem jero, karena sama - sama memiliki kekurangan dan kelebihan.

"Jangan merasa dalam kebijakan dan kepemimpinannya, seolah - olah lebih unggul dari yang lain. Apapun, harus dihargai suatu kebijakan yang baik. Cari solusi untuk saling memperbaiki dan jangan maido serta mencari kesalahan", tambahnya.

Walaupun ada yang merasa suka atau tidak suka terhadap jabatan itu, lanjut Winarto, jangan menjadi hambatan untuk berprestasi dalam kinerja.

"Hidup sudah ada yang ngatur, tentu adalah Allah SWT. Itulah jatah panjenengan hari ini. Jangan mengeluh, kok saya dapet SD ini - kok tidak SD itu. Bersyukur, sesuai janji Allah akan ditambah nikmat", tuturnya.

Kepala sekolah, menurutnya, harus bisa menjadi teladan atau contoh yang baik bagi guru dan siswa. Karena, dunia pendidikan saat ini menganut paradigma baru yaitu menjadi sekolah penggerak.

"Yang dimaksud adalah  terjadinya kompetensi, pengembangan dan digitalisasi. Sekolah penggerak diharapkan bisa ramah, paham dan mampu menggunakan IT", ungkap Winarto.

Di akhir sambutan, Winarto juga berpesan, kepala sekolah atau guru harus menjadi pelopor dan berkontribusi dalam pencegahan penyebaran Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Selamat kepada yang dilantik. Semoga Allah senantiasa memberi kemudahan, kesehatan, keselamatan dan perlindungan kepada kita semua", pungkas Winarto.

(RM. Usman)


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.