BANJIR MELUAS, BUPATI PATI MINTA DISIAGAKAN PETUGAS KESEHATAN


Bupati Pati Haryanto memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Sukolilo, Minggu (7/2).



Pati, RadarMuria.Com               Banjir meluas di wilayah Kabupaten Pati, Bupati Haryanto meminta disiagakan petugas kesehatan untuk memantau kondisi warga yang terdampak banjir.

"Pak Camat dan Pak Kades saya minta tolong untuk sering mengecek dan mengontrol keadaan warga. Dijadwalkan ada petugas kesehatan yang jaga, khususnya menanyakan kesehatan seseorang. Kalau perlu diperiksa suhu dan tensinya secara rutin", terang Haryanto saat meninjau banjir di Desa Kasihan, Wotan dan Gadudero turut Kecamatan Sukolilo, Minggu (7/2).

Dalam kesempatan itu, Bupati yang didampingi Sekda, Kepala DPMPTSP, Kepala BPBD, Staf Ahli dan Relawan PMI, memberikan bantuan berupa sembako kepada warga.

"Seperti agenda kemaren, hari ini kita lakukan peninjauan sekaligus memberi bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir. Apalagi banjir ini merupakan bencana yang sering terjadi akibat luapan air Sungai Silugonggo", tutur bupati.



Banjir yang sering dihadapi warga ini, sebutnya, dapat diurai dan diatasi apabila ada perhatian dan kepedulian pemerintah pusat.

"Ini karena pemerintah daerah dan provinsi belum mampu. Sebab penanganan Sungai Juwana merupakan tanggung jawab dari pemerintah pusat, dalam hal ini BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai)", sebut Haryanto.

Dia juga menegaskan, telah seringkali menyampaikan permasalahan banjir ini kepada pemerintah pusat. Namun, menurutnya, belum ada penanganan maksimal yang dapat menuntaskan masalah banjir yang diakibatkan luapan sungai tersebut.

"Jadi untuk saat ini, memang kita perlu lebih sabar dalam menghadapi musibah banjir. Bukan hanya kita yang kesusahan, daerah lain juga. Grobogan, Kudus, Demak dan Jepara", ungkapnya.

Bersamaan dengan pandemi Covid-19 saat ini, tidak memungkinkan apabila warga ditampung di tempat pengungsian. Oleh karena itu, bupati berpesan, warga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan saling menjaga satu sama lain.

Apabila ada yang merasakan  kurang sehat badan, bupati meminta supaya segera melapor kepada petugas agar mendapat penanganan dengan segera.

Di Kabupaten Pati, wilayah yang terkena banjir meliputi Kecamatan Sukolilo, Gabus, Jakenan dan Juwana.

(RM. Usman :fn3/FN/MK)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.