PASTIKAN PILKADES KONDUSIF, BUPATI PATI MONITOR TAHAPAN PELAKSANAAN

 

Bupati Pati H. Haryanto, SH; MM; MSi


Pati, RadarMuria.Com               Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) secara serentak Gelombang I Tahun 2021 Kabupaten Pati yang akan digelar 10 April mendatang, sudah memasuki tahapan sosialisasi dan pembentukan panitia tingkat desa.

Memastikan pelaksanaan pilkades berjalan aman dan kondusif, Bupati Pati Haryanto, Rabu (3/2), melakukan monitor tahapan di Desa Jetak Kecamatan Wedarijaksa, Desa Margotuhu Kidul Kecamatan Margoyoso dan Desa Dumpil Kecamatan Dukuhseti.

"Pembentukan Panitia Pilkades kali ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari Pilkades tahun - tahun sebelumnya", kata Haryanto.

Hanya saja, lanjutnya, bersamaan dengan pandemi Covid-19, maka dilakukan penerapan protokol kesehatan, termasuk pembatasan jumlah yang hadir.

"Pilkades tahun ini akan lebih berat, karena pada satu sisi panitia harus memastikan bahwa penyelenggaraan pilkades dapat berjalan dengan baik, aman dan kondusif. Disaat yang sama harus berupaya agar tidak muncul klaster baru penularan Covid-19", lanjutnya.

Pilkades tahun ini, pelaksanaannya mengacu pada Perbup Pati 88 Tahun 2020 tentang Kepala Desa dan akan diikuti 219 desa tersebar di 21 kecamatan se- Kabupaten Pati.

"Pedomannya adalah Perbup 88 Tahun 2020. Kalau pedomannya dipatuhi  dan ditaati, maka akan berjalan baik dan lancar. Namun apabila tidak dipatuhi, maka sudah pasti jadi persoalan", ungkap Haryanto.

Bupati meminta, dalam pelaksanaannya nanti selalu mematuhi peraturan dan mekanisme yang telah ditentukan.

(RM. Usman : fn3/FN/MK)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.