PEDULI KORBAN BANJIR, KLENTENG HOK TIK BIO SEDIAKAN 500 NASI KOTAK SETIAP HARI

Ketua Klenteng Hok Tik Bio Pati
Edy Siswanto

Klenteng Hok Tik Bio di Jalan Setiabudi Pati



Pati, RadarMuria.Com             Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Pati memaksa warga yang terdampak tidak dapat melakukan aktivitas sehari - hari. Sehingga untuk mencukupi kebutuhannya, sebagian besar warga hanya bisa mengandalkan bantuan.

Selama seminggu terakhir, bantuan datang dari berbagai pihak berupa makanan siap saji, sembako dan lain - lain.

Turut peduli terhadap korban banjir tersebut, Klenteng Hok Tik Bio Pati juga menggelar bakti sosial dengan mendirikan Posko Banjir dan dapur umum yang menyediakan 500 nasi kotak setiap hari.

Ketua Klenteng Hok Tik Bio, Edy Siswanto mengatakan, kegiatan baksos digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir dan dalam rangka perayaan Imlek 2572.

"Karena saudara kita banyak yang terkena banjir, maka kita bantu dengan menyediakan makanan siap saji. Tiap hari 500 nasi kotak dan sudah berjalan selama 5 hari",  terang Edy Siswanto, Kamis (11/2).

Perayaan Imlek yang biasanya dilaksanakan secara meriah, lanjutnya, karena pandemi Covid-19 cukup dirayakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

"Seremonial tidak ada, cuma ada sembahyangan secara pribadi atau sendiri - sendiri. Yang penting sembahyang di klenteng ini mendoakan saudara kita dan bangsa ini agar pandemi Covid-19 cepat selesai", tuturnya.

Menurutnya, keselamatan umat dan warga menjadi hal yang utama, sehingga Imlek yang biasanya digelar secara meriah, kali ini dilaksanakan secara sederhana.

"Biasanya rame - rame, ada pasar imlek dan liong, kali ini tidak ada", ungkap Edy.

Pria yang dikenal dengan sebutan Edy Kubota itu menambahkan, Imlek 2572 adalah Tahun Kerbau, dimana kerbau diidentikkan sebagai hewan yang suka terhadap air. 

"Tahun Kerbau, kerbau berarti masih suka dengan air. Tapi banjir kali ini tidak mungkin sebesar banjir di tahun 2014 lalu", tambahnya.

Dalam penyelenggaraan baksos tersebut, pihaknya dibantu TNI - Polri dan Komunitas Gusdurian.

"Kita bisa lihat, betapa guyub TNI, Polri dan Gusdurian dalam kegiatan baksos membantu korban banjir", tutup Edy Kubota.

(RM. Usman)

----------------------------------------------------------------------




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.