PRAMUKA KWARCAB PATI RAIH PENGHARGAAN DUTA PERUBAHAN PERILAKU


Gerakan Pramuka Kwarcab Pati meraih Penghargaan Duta Perubahan Perilaku 2022. Penghargaan diserahkan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen (Purn) Budi Waseso, diterima Ketua Kwarcab Pati, Sugiono, AP; MSi di Jakarta



Pati, RadarMuria.Com              Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Pati meraih penghargaan Duta Perubahan Perilaku 2022.

Penghargaan dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka itu diserahkan langsung oleh Ketua Kwarnas, Komjen (Purn) Budi Waseso, kepada Ketua Kwarcab Pati, Sugiono, pada Rakernas Gerakan Pramuka, di Taman Wiladatika Cibubur Jakarta, Rabu (30/03/22).

Selain Kwarcab Pati, 6 daerah lainnya di Jawa Tengah juga menerima penghargaan sama, yakni Kwarcab Cilacap, Kwarcab Kab Tegal, Kwarcab Kota Tegal, Kwarcab Banyumas, Kwarcab Purbalingga dan Kwarcab Kab Pekalongan.

Ketua Kwarcab Pati, Sugiono mengatakan, pihaknya menerima penghargaan atas prestasi anggota Pramuka Kwarcab Pati dalam kegiatan duta perubahan perilaku di masa pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, Kwarcab Pati melibatkan lebih dari 2000 anggota sebagai duta perubahan perilaku dalam mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam penyebaran informasi pola hidup era new normal dengan menekankan 3M, yakni Imun, Aman dan Aman", terang Sugiono, yang juga menjabat Kepala Satpol PP, Kamis (31/03/22).

Penghargaan ini, menurutnya, akan menjadi motivasi anggota Pramuka lainnya untuk terlibat aktif mengedukasi masyarakat, dikarenakan untuk merekrut duta perubahan perilaku tidaklah mudah dan membutuhkan waktu cukup lama.

"Maka, terima kasih kepada Pak Bupati dan seluruh pihak dalam turut serta membantu kesuksesan ini", ucapnya.

Sugiono juga mengungkapkan kiat - kiat mencapai keberhasilan tersebut, antara lain mengadakan pelatihan dengan melibatkan Kwarda Jateng, memberi pengetahuan tentang duta perubahan perilaku dan aplikasinya serta pengisian dan pelaporannya.

"Anggota yang telah dilatih langsung gerak. Namun demikian, aplikasi di lapangan terdapat kendala karena ada keterbatasan pengetahuan teknologi", ungkap Sugiono.

Tak patah semangat, pihaknya terus saja mengedukasi dan memberi suport terhadap anggota di tingkat Kwaran untuk mengikutinya.

"Hampir 2 tahun dijalankan. Kita gelar lomba - lomba ditiap Kwaran. Yang terbanyak anggota mengikuti, akan mendapat reward", tuturnya.

Saat ini, sudah ada 2.700 anggota Pramuka yang terlibat dalam kegiatan duta perubahan perilaku, dari sebelumnya di Februari 2022, tercatat masih diangka 2.133 anggota.

"Saat ini, sudah ada 2.700 yang terlibat di sana", tandas Sugiono.

Dalam rangka turut menanggulangi pandemi Covid-19, Kwarnas Pramuka melalui Satgas Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 bekerja sama dengan Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, mengajak keterlibatan anggota Gerakan Pramuka berperan aktif mengajak masyarakat menjadi garda terdepan dengan menerapkan 3 utama, yaitu wajib menjaga iman, aman dan imun.

Duta Perubahan Perilaku dimaksudkan guna menangani permasalahan penyebaran Covid-19 di hulu, yaitu dengan mendorong percepatan perubahan perilaku masyarakat agar patuh 3M, sehingga memutus mata rantai penularan Covid-19.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.