OPERASI KETUPAT CANDI 2022, POLRES PATI GELAR APEL PASUKAN






Bupati Pati, Haryanto memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 Polres Pati.



Pati, RadarMuria.Com              Polres Pati menggelar Apel Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2022.

Apel gelar pasukan berlangsung di halaman Stadion Joyo Kusumo, Jumat (22/04/22), dipimpin Bupati Pati, Haryanto.

Hadir dalam acara, Forkopimda, Kapolres Pati beserta jajaran, Dansub Denpom, Kasat Pol PP, Dishub, Dinkes dan instansi terkait.

Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Pati, mengucap syukur atas terselenggaranya Operasi Ketupat 2022.

"Perayaan idul fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat", kata bupati.

Tahun ini, sambungnya, pemerintah memberi kelonggaran merayakan idul fitri. 

"Kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan di jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik", sambungnya.




Namun demikian, lanjut amanat, semua harus waspada dengan tingkat mobilitas yang sangat tinggi dan rawan terjadi transmisi Covid-19, yaitu menjelang, pada saat dan paska idul fitri, mengingat pandemi belum sepenuhnya selesai.

Sehingga diperlukan langkah - langkah sinergis seluruh stakeholder, agar masyarakat aman dan sehat.

"Kita harus menyiapkan masyarakat agar aman dari penularan Covid-19, dengan terus menggelar giat vaksinasi dengan memenuhi target 100 persen dosis 2, 30 persen booster dan 70 persen lansia, untuk wilayah Jawa - Bali, pada 30 April 2022.

"Strategi untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, harus dapat dilaksanakan dengan baik", tegas Haryanto.

Adapun langkah - langkahnya, antara lain, melakukan himbauan dan mengawasi kedisplinan masyarakat agar taat prokes 3M, mendorong pengelola tempat wisata memastikan penggunaan aplikasi peduli lindungi, menjaga dan melindungi ibadah idul fitri di masjid maupun di lapangan, mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik berbagai moda transportasi.

Selain itu, juga melakukan testing, tracing dan treatmen terhadap kasus Covid-19 dan melaksanakan random check swab antigen pelaku perjalanan, serta menyiapkan layanan vaksinasi dan isolasi sementara di pos pelayanan.

Rekayasa lalu lintas, meliputi contra-flow, buka tutup gate tol, one way, ganjil - genap pada ruas tol maupun ruas jalan tertentu, juga menjadi bagian langkah - langkah yang diambil.

Apel gelar pasukan diakhiri dengan pemeriksaan kelengkapan sarpras pendukung Operasi Ketupat Candi 2022, berupa kendaraan AWC, Public Address hingga perahu karet Satpolairud.

(RM. Usman)


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.