SOEGIHARTO TERPILIH SEBAGAI KETUA ASOSIASI BPD KABUPATEN PATI

Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Pati, Soegiharto, AMa.Pd untuk periode 2021 - 2026



Pati, RadarMuria.Com                Asosiasi BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Kabupaten Pati terbentuk melalui musyawarah yang digelar Selasa (16/11/21), di Resto 57 Pati.

Musyawarah diikuti 21 delegasi yang merupakan perwakilan Ketua BPD Kecamatan se- Kabupaten Pati. Dua perwakilan tidak hadir, yaitu dari Kecamatan Kayen dan Sukolilo.

Terbentuknya Asosiasi BPD Kabupaten Pati, sekaligus dilakukan pemilihan ketua yang dilaksanakan secara demokratis.

Sebelum pemilihan, dibacakan Tata Tertib Pemilihan untuk mendapatkan persetujuan peserta musyawarah yang dipimpin oleh peserta tertua yaitu Ketua BPD Kebowan Kecamatan Winong, Soegiharto, bersama Dibyo Santoso Ketua BPD salah satu desa di Kecamatan Trangkil sebagai peserta termuda.

Secara aklamasi, peserta rapat yang terdiri atas 19 delegasi dan 5 eks kawedanan, menunjuk Soegiharto sebagai Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Pati.

Ketua terpilih selanjutnya memiliki kewenangan membentuk formatur kepengurusan yang beranggotakan para delegasi.



Dalam sambutan, Soegiharto mengatakan, tujuan dibentuknya Asosiasi BPD yaitu mewujudkan solidaritas antar anggota BPD dalam satu ikatan yang kuat untuk menyamakan persepsi sesuai tugas pokok dan fungsi BPD.

"Mengingat BPD merupakan suatu lembaga yang legal dan berpayung hukum yang kuat untuk melaksanakan fungsi pemerintahan sesuai Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014, Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 dan Perda Nomor 8 Tahun 2014", terang Soegiharto, yang juga mantan Kepala Desa Kebowan itu.

Dia menambahkan, pembentukan asosiasi juga dalam rangka menjalin komunikasi dan koordinasi antara BPD dengan pemerintah desa secara baik guna mewujudkan suksesnya pembangunan.

"Juga menciptakan pemerintahan (desa) yang tegas, cerdas, bersih dan berwibawa sesuai yang diamanatkan oleh undang - undang", tuturnya.

Tujuan lainnya, menurut Soegiharto, yakni memperjuangkan dan meningkatkan pengembangan kapasitas serta kesejahteraan anggota BPD yang tidak menyimpang dari regulasi / aturan yang berlaku tanpa diskriminasi.

"Mohon doa restu, dukungan dan saran yang positif dari semua anggota BPD untuk meraih sukses ke depan. Mudah - mudahan, amanat yang diberikan, mendapat ridho Allah SWT", ucap Soegiharto mengakhiri sambutan.

Adapun Susunan Kepengurusan Asosiasi BPD Kabupaten Pati Periode 2021 - 2026, terdiri atas 

Penasehat              : Soponyono, S.Ag; MM

                                   Sujadi

Ketua                      : Soegiharto, AMa.Pd

Wakil ketua           : Sholikin

Sekretaris              : Purwoko, SH

Wakil sekretaris   : Anna Markamah

Bendahara             : Cahyo Suprapto, SP

Wakil Bendahara : Sunaryo, SH

Kepengurusan juga dilengkapi 10 devisi dan 4 koordinator wilayah.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.