PEMERINTAH MENETAPKAN AWAL RAMADHAN TAHUN INI JATUH PADA JUMAT, 24 APRIL 2020

Penetapan awal Ramadhan 1441 H oleh Menteri Agama RI Fachrul Rozi 


Pati, RadarMuria.Com
Pemerintah RI melalui Menteri Agama menetapkan awal Ramadhan tahun ini jatuh pada Jumat 24 April.

Penetapan dimulainya kewajiban berpuasa bagi umat Islam itu, setelah dilakukannya sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama di Jakarta, Kamis (23/4).

Sidang isbat secara terbatas itu (karena PSBB) dipimpin langsung oleh Menteri Agama Fachrul Rozi, dihadiri MUI (Majelis Ulama Indonesia), Komisi VIII DPR RI, sejumlah ormas Islam hingga ahli falaq (astronomi).

"Akhirnya kami dengan suara bulat menetapkan bahwa awal Ramadhan 1441 Hijriyah jatuh pada esok hari atau bertepatan hari Jumat, 24 April 2020", jelas Fachrul Rozi, yang disiarkan  melalui televisi.

Pengurus Besar NU (Nahdlatul Ulama) melalui surat Nomor 3959/B.II.07/04/2020 tertanggal 29 Sya'ban 1441 H / 23 April 2020 juga menetapkan awal Ramadhan tahun ini, jatuh pada Jumat 24 April 2020.



Penentuan awal Ramadhan oleh PBNU tersebut, sesuai dengan pendapat Al-Madzahib Arba'ah dan berdasarkan rukyatul hilal bil fi'li  yang dilakukan oleh Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falaqiyah PBNU pada Kamis 23 April 2020, di beberapa lokasi yang telah ditentukan dan telah berhasil melihat Hilal.

Demikian bunyi surat PBNU yang ditandatangani Ketua Umum Prof. Dr. KH. Said Agil Siroj, MA dan Sekjend Dr. Ir. H. Helmy Faishal Zaini.

Sebagian besar umat Islam Kabupaten Pati, pada Kamis malam setelah shalat Isya melaksanakan shalat tarawih berjamaah di mushola dan masjid, dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

(RM. Usman :/dari berbagai sumber)



----------------------------------------------------------------------







0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.