HPN 2022, MOMENTUM INSAN PERS KABUPATEN PATI MAKIN KREATIF DAN INOVATIF

Bupati Pati H. Haryanto dan Wakil Bupati H. Saiful Arifin mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2022



Pati, RadarMuria.Com               Hari Pers Nasional (HPN) 2022 sebagai momentum bagi insan pers di Kabupaten Pati untuk semakin meningkatkan kepercayaan diri, kreatif dan inovatif.

Hal itu disampaikan Bupati Pati, Haryanto, usai Pelantikan Pengurus DPC Gerakan Wanita Sejahtera (GWS) di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (08/02/22).

"Momentum HPN tahun ini dapat semakin menambah kepercayaan diri insan pers di Kabupaten Pati, untuk makin kreatif dan inovatif", kata Haryanto.

Selain itu, bupati juga ingin antara pers dengan Pemerintah Kabupaten Pati, dunia usaha dan masyarakat, makin kolaboratif dan sinergi.

Di tengah situasi pandemi saat ini, lanjut Haryanto, dunia industri, termasuk industri pers menghadapi beban yang berat.

Menurutnya, ada dua pilihan sikap dalam menghadapinya, yaitu optimis atau pesimis.

"Saya ingin pers jangan ikut klepek - klepek. Tapi teruslah menjaga sinergitas dan jalin kolaborasi. Tetaplah inovatif, tanpa kehilangan daya kritisnya", lanjutnya.

Haryanto mengungkapkan, selama ini turut terbantu dan merasakan manfaat atas pemberitaan terkait pola hidup sehat dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Untuk itu, kerja sama yang telah terjalin baik dapat turut berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Dan, pers yang baik, menurut Haryanto, yaitu yang senantiasa menjadi sumber berita terpercaya bagi masyarakat.

Senada, Wakil Bupati Saiful Arifin menambahkan, pers telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia.

"Ciri- cirinya adalah mereka dalam menjalankan tugas pemberitaan, senantiasa menerapkan Undang - Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers", jelas Saiful Arifin.

Meskipun kemerdekaan pers dijamin oleh undang - undang, lanjutnya, terdapat tanggung jawab dari insan pers dan media itu sendiri.

"Sejarah bangsa Indonesia juga tidak bisa dilepaskan dari peran pers. Bapak Proklamator, Ir Soekarno menggunakan ketajaman penanya dengan membuat ratusan tulisan dan berhasil membuat beberapa media turut mengawal kedaulatan melawan imperialisme yang mencengkeram negeri ini", tuturnya.

Saiful Arifin mendorong, agar pers juga memiliki semangat sebagaimana yang digelorakan oleh Bung Karno.

"Momentum HPN ini, saya berharap rekan - rekan pers juga punya semangat yang sama dengan Bung Karno. Mari ikut membangun negeri dengan mengawal jalannya pembangunan di Kabupaten Pati", pungkas Saiful Arifin.

(RM. Usman :/FN/FN/MK)

----------------------------------------------------------------------






0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.