ANGGOTA DPR RI SUDEWO APRESIASI BUDIDAYA JAMBU CITRA DESA SIDOMULYO


Pengguntingan pita dan pelepasan balon oleh Anggota DPR RI H. Sudewo, ST; MT menandai acara Panen Raya Jambu Citra Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungwungkal. (Atas).

Didampingi Kades Sidomulyo, Gianto, Anggota Komisi V DPR RI H. Sudewo, ST; MT berkesempatan memetik jambu citra. (Bawah).



Pati, RadarMuria.Com     Anggota DPR RI, Sudewo, mengapresiasi budidaya Jambu Citra oleh warga Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungwungkal.

Jambu citra Sidomulyo menjadi salah satu buah unggulan disamping produk unggulan lainnya yang ada di Kabupaten Pati.

Hal itu diungkapkan Sudewo saat menghadiri acara Panen Raya Jambu Citra di kebun milik Kepala Desa Sidomulyo, Gianto; dan kebun milik warga, Sudono, Senin (25/10).

Anggota Komisi V DPR RI dari Partai Gerindra dalam kunjungannya di sentra budidaya jambu citra ini, menyempatkan mencicipi buah berair dengan warna kemerahan tersebut.

"Luar biasa, rasanya sangat manis. Di toko - toko modern dan mal - mal kota besar seperti di Bali, Surabaya dan Jakarta yang menjual jambu citra, ternyata jambunya dari daerah asal kelahiran saya, yaitu Sidomulyo", ungkap Sudewo.

Dia berharap, produksi jambu citra di Desa Sidomulyo dan desa - desa lainnya di wilayah Kecamatan Gunungwungkal semakin ditingkatkan dan diperluas.

Dengan demikian, harapnya lagi, jambu citra Sidomulyo mampu merambah pasaran luar negeri.

"Apakah itu ke China, Singapura, Australia bahkan Eropa. Bilamana mereka tahu jambu citra Sidomulyo ini, mereka akan tertarik untuk membeli", tuturnya.

Dengan demikian, tambahnya, produksi yang meningkat dan pasaran yang lebih berkembang akan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Mudah - mudahan ada perhatian dari pemerintah untuk membantu pengembangan dan pemasarannya", ucap Sudewo.

Guna mendukung hal itu, Sudewo berjanji, akan menyampaikan kepada Kementerian Pertanian untuk segi peningkatan produksi dan kepada Kementerian Perdagangan dalam hal pemasarannya.

"Sekali lagi, ini sangat luar biasa. Inilah jambu citra, salah satu produk unggulan tanah air kita", tandas Sudewo.


Sementara itu, Kepala Desa Sidomulyo, Gianto mengatakan, saat ini hampir seluruh warga desanya membudidayakan jambu citra.

"Petani di sini atas dorongan dan kreatifitas sendiri berlomba - lomba menanam buah jambu citra disamping buah unggulan lainnya seperti duren dan alpukat. Rata - rata setiap pekarangan warga tumbuh 5 sampai 10 pohon jambu citra", tutur Gianto.

Pihaknya berharap ada perhatian dari pemerintah dalam rangka meningkatkan produktivitas, kualitas dan pemasarannya.

"Terlebih untuk stabilisasi harga, mengingat saat ini harga masih tergantung pada harga patokan pasar tradisional", ungkapnya.

Pohon jambu citra mampu berproduksi 3 kali dalam setahun. Dan kali ini merupakan panen ketiga di tahun 2021. 

Panen raya yang juga dihadiri para kepala desa di wilayah Kecamatan Gunungwungkal, Margoyoso, Juwana dan Dukuhseti serta kelompok tani dan wanita tani itu, ditandai pengguntingan pita dan pelepasan balon oleh Sudewo.

(RM. Usman)

1 komentar:

  1. Nyari alat kesehatan di Tanimbar? Yuk jangan sungkan untuk kunjungi Distributor Alat Kesehatan Tanimbar harganya terjangkau dan berkualitas lho

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.