JELANG NATAL DAN TAHUN BARU - POLRES PATI APEL GELAR PASUKAN OPERASI LILIN CANDI 2018



Pati, RadarMuria.Com
Kepolisian Resor (Polres) Pati selenggarakan Apel Gelar Pasukan dimulainya Operasi Lilin Candi 2018, sebagai agenda rutin tahunan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Upacara melibatkan jajaran Polres Pati, Kodim 0718/Pati, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan stakeholder terkait, berlangsung di Alun - Alun Simpang 5 Pati pada Jumat pagi (21/12).

Kapolri dalam amanat yang dibacakan Bupati Pati H. Haryanto selaku Inspektur Upacara mengatakan, hari itu dilaksanakan Apel Gelar Pasukan di seluruh Indonesia sebagai momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel dan mengecek sarana prasarana pendukung pengamanan serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru. Kapolri menyebut, Polri juga telah melakukan inventarisasi beberapa potensi kerawanan diantaranya kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, aksi terorisme, sweeping ormas dan aksi intoleransi, termasuk kecelakaan moda transportasi di darat, laut dan udara. Juga ketersediaan dan stabilitas harga pangan serta kemacetan arus lalu lintas.

Sebagaimana diketahui, lanjut Kapolri, situasi menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, karena dibarengi pula dengan penetapan libur nasional.

"Realitas ini memberi dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat, seperti terjadinya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas moda transportasi serta peningkatan demand terhadap kebutuhan pokok, khususnya pangan. Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang menjadi perhatian kita bersama", sebut Kapolri.

Dalam kaitan tersebut, Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakeholder terkait, menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi " Lilin 2018", mulai 22 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Polri, TNI dan pemerintah daerah serta pemangku kepentingan lainnya, yang selama ini telah bersungguh - sungguh memelihara stabilitas kamtibmas. Saya berharap, kerja sama dan sinergitas yang sudah terjalin baik, dapat dipertahankan dan ditingkatkan", jelas Kapolri.

Dalam Apel Gelar Pasukan tersebut, Bupati H. Haryanto juga menginspeksi pasukan dan menyematkan pita tanda dimulainya Operasi Lilin Candi 2018 serta mengecek sarana prasarana pendungkung operasi.

Sementara itu, Kapolres Pati AKBP usai Apel Gelar Pasukan mengatakan, Operasi Lilin Candi 2018 untuk memberi rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Kapolres menyebut, ada beberapa sasaran operasi mulai aksi premanisme, peredaran miras hingga penanggulangan terorisme.

"Seluruh pasukan sudah siap dan kami akan bekerja keras untuk memberi pengamanan ini. Masyarakat juga harus proaktif untuk mendukung jalannya Operasi Lilin Candi 2018", terang Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto, SIK.
(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.