SAIFUL ARIFIN : GEMAR MAKAN IKAN, UPAYA TEKAN ANGKA STUNTING


Wakil Bupati Saiful Arifin hadiri Safari Gemarikan



Pati, RadarMuria.Com           Pemerintah Kabupaten Pati akan selalu mendukung program pemerintah pusat dalam memerangi kasus stunting (gagal tumbuh pada anak).

Demikian dikatakan Wakil Bupati Saiful Arifin saat mengikuti Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati, Selasa (4/5).

Kegiatan yang difasilitasi Komisi IV DPR RI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan itu, juga diikuti Direktur Usaha dan Investasi PSDPKP Catur Sarwanto, Kabid Usaha dan Pengembangan Komoditas DKP Jawa Tengah Imam Kadarusman, anggota DPRD Endah Sri Wahyuningati, juga anggota DPRI RI Firman Subagyo yang mengikuti secara virtual.

"Bicara makan ikan, bagi masyarakat Kabupaten Pati tidaklah terlalu asing. Mengingat letak geografis Kabupaten Pati berada di pesisir dan memiliki ratusan kapal nelayan yang berada di Juwana. Sehingga dengan adanya Safari Gemarikan ini, asupan gizi dan protein yang dibutuhkan masyarakat dapat terserap dengan baik untuk mengurangi stunting", terang Saiful Arifin.

Menurutnya, dengan gemar ikan menjadi salah satu upaya mengurangi kasus tersebut dan itu, lanjut Saiful Arifin, dapat dimulai dari desa - desa.

"Desa di Kabupaten Pati banyak yang menghasilkan ikan laut maupun darat yang menjadi sumberdaya kekuatan di kabupaten ini", tambahnya.

Dia berharap, masyarakat tidak hanya fokus pada kegiatan penangkapan ikan, namun dapat memproduksi berbagai olahan ikan agar lebih bermanfaat dan memiliki nilai tambah.

Di sisi lain, anggota DPR RI Firman Soebagyo menyebut, jika angka  di Kabupaten Pati sudah turun signifikan bila dibandingkan pada tahun terdahulu. Apalagi, menurutnya, daerah - daerah pegunungan yang notabene jauh dari laut kini sudah bisa membudidayakan ikan tawar dengan baik.

"Saya sebagai orang Pati harus merasa bersyukur. Tingginya stunting saat ini masih rendah dibanding dahulu. Karena potensi perikanan di Kabupaten Pati ini sangat luar biasa", kata Firman.

Penyerahan bingkisan berupa hasil olahan ikan oleh Saiful Arifin kepada perwakilan Desa Sukolilo dan Beketel serta PKK, menutup acara tersebut.

(RM. Usman : po5/PO/MK)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.