KANTOR UNIT PENYELENGGARA PELABUHAN JUWANA RAIH PENGHARGAAN PENGELOLAAN REKENING TERBAIK

Pati, RadarMuria.Com
Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan ( UPP ) Kelas III Juwana Kabupaten Pati berhasil meraih Penghargaan sebagai Peringkat Pertama Pengelolaan Rekening Terbaik dari Kementerian Keuangan RI Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ( KPPN ) Pati.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Bupati Pati H. Haryanto kepada Kantor UPP Kelas III Juwana, bertempat di Kantor KPPN Jalan Diponegoro Pati saat Penyampaian DIPA (Daftar Isian Penggunaan Anggaran) Tahun 2019 yang diikuti 57 satuan kerja lingkup Pemerintah Kabupaten Pati dan Rembang. Bersamaan itu, terdapat 10 satuan kerja lainnya yang juga menerima penghargaan sesuai kategori masing - masing.

Kantor UPP Kelas III Juwana di bawah Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ( Ditjen Hubla) itu, dinilai berhasil menerapkan sistem pengelolaan keuangan non tunai atau rekening.

Penerapan sistem itu dinilai mampu mengindari penyalahgunaan keuangan dan mampu meningkatkan pendapatan negara bukan pajak, secara signifikan.

Pemerintah Kabupaten Pati saat ini mulai melakukan pemerataan penerapan transaksi non tunai, untuk menghindari dan mencegah terjadi penyimpangan keuangan.

Bupati Pati H. Haryanto pada kesempatan itu, menghimbau kepada instansi jajaran Pemerintah Kabupaten Pati untuk dapat mengurangi transaksi secara tunai dengan cara meminimalkan pertemuan personal.

"Dengan transaksi non tunai, nominal dana yang masuk akan sesuai lantaran dalam penginputannya sudah diatur sistem. Maka penyimpangan juga dapat diminimalisir. Sistem ini juga bisa mencegah terjadinya persoalan hukum", terang bupati.

Namun demikian menurut bupati, hal itu perlu dukungan sumberdaya manusia yang mumpuni untuk mengelola sistem tersebut, termasuk sarana - prasarananya.

Kepala UPP Kelas III Juwana Kabupaten Pati Drs. Japet Simanjuntak melalui pesan Whats App yang dikirimkan kepada RadarMuria.Com menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang telah diraih Kantor UPP Kelas III yang dipimpinnya. "Menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada bapak Bupati Haryanto dan Kepala KPPN Pati", ucap Japet Simanjuntak yang berdinas di kantor yang dikenal dengan Syahbandar Juwana itu, sejak April 2017 lalu.

Bagi Japet Simanjuntak, pekerjaan atau tugas yang menjadi tanggung jawabnya, semaksimal mungkin dilaksanakan dengan sungguh - sungguh sesuai SOP (Standar Operasional) dan aturan yang ada, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan. Dengan diraihnya penghargaan tersebut, harap Japet, lebih memotivasi melaksanaan pekerjaan sebaik - baiknya. "Mudah - mudahan ke depan dapat dipertahankan dan ditingkatkan", sebut Japet Simanjuntak.

Terkait penerapan transaksi non tunai, menurut Japet, hal itu sesuai dengan program kerja Ditjen Hubla yang saat ini menerapkan Sistem Pelayanan Barang dan Penumpang Angkutan Laut Berbasis Boarding Pass bagi angkutan penumpang dan barang di pelabuhan. Secara nasional sistem itu telah dilaunching oleh Ditjen Hubla dan sebagai pilot project telah dilaksanakan oleh 6 pelabuhan di Indonesia, salah satunya adalah Pelabuhan Tanjung Emas Semarang - Jawa Tengah.

"Kantor UPP Kekas III Juwana tentu ke depan akan menerapkan sistem yang sama, walaupun saat ini belum melayani angkutan penumpang", terang J

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.