SEMPAT TERTUNDA, DPK ABPEDSI KECAMATAN PATI RESMI DIKUKUHKAN


Ketua DPD ABPEDSI Kabupaten Pati, Soegiharto, AMa.Pd mengukuhkan kepengurusan DPK ABPEDSI Kecamatan Pati, Kamis (14/10/22)



Pati, RadarMuria.Com             Sempat tertunda, akhirnya Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (Abpedsi) Kecamatan Pati, dikukuhkan, Jumat (14/10) siang. Sebelumnya pengukuhan telah dijadwalkan pada Rabu, 12 September, kemaren. 

Pengukuhan dan pengambilan sumpah / janji oleh Ketua DPD Abpedsi Kabupaten Pati, Soegiharto, berlangsung di aula kantor kecamatan setempat, dihadiri Camat Pati, Danramil 01/Pati dan Kapolsek Pati, serta jajaran Pengurus DPD Abpedsi Kabupaten Pati.

Dalam amanatnya,  Soegiharto mengatakan, Abpedsi adalah lembaga resmi dan legal sebagai wadah untuk membangun informasi dan koordinasi dengan semua pihak, khususnya pemerintah desa, kecamatan hingga kabupaten.

"Keberadaan Abpedsi legal dan dijamin oleh undang - undang. Oleh karena itu, Pengurus  DPK Abpedsi Kecamatan Pati tidak perlu ragu - ragu untuk menjalankan organisasi", tegas Soegiharto.

Dia berpesan, kepengurusan yang baru dikukuhkannya tersebut, tidak mudah terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dalam upaya memecah  belah dan melemahkan organisasi.

Sementara itu, Camat Pati, Didik Rusdiartono dalam sambutan mengucapkan selamat atas pengukuhan tersebut.

"Selamat kepada pengurus yang dikukuhkan. Semoga Abpedsi Kecamatan Pati dapat segera bekerja, berkarya dan bersinergi, demi kebaikan pemerintah desa dan masyarakat se-Kecamatan Pati", kata Didik.

Camat menegaskan, BPD mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagaimana telah diatur mulai dari Permendagri, Perda hingga Perbup tentang BPD.

"Karena BPD adalah lembaga resmi, maka jangan hanya sebagai pelengkap penderita. BPD harus kritis sebagai sikap membangun dan mampu menyerap aspirasi masyarakat", tegasnya.

Terlebih, lanjut Didik, BPD juga memiliki fungsi pengawasan terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa.

Ketua DPK Abpedsi Kecamatan Pati, Suharto menyampaikan terima kasih atas fasilitasi penyelenggaraan acara tersebut.

"Abpedsi Kecamatan Pati akan segera bekerja, bersinergi, membangun komunikasi dan koordiniasi yang baik kepada semua pihak", ungkap Suharto.

Acara juga diberikan pembekalan materi tentang tugas pokok dan fungsi BPD oleh Kasubbag Bina Pemdes Setda Pati dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Pati, Marsana.

Turut hadir dalam acara, Ketua Pasopati beserta para kepala desa se-Kecamatan Pati, Ketua DPK Abpedsi Kecamatan Margorejo, Tlogowungu dan Gembong.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.