ANGGOTA DPR RI SUDEWO BERI PENGHARGAAN DALANG CILIK BERPRESTASI ASAL SMPN 1 KAYEN

Anggota DPR RI H. Sudewo, ST; MT memberi penghargaan kepada Juara 1 Festival Dalang Anak Nasional 2022, Gandrung Swara Al-Ghiffari, siswa SMPN 1 Kayen.



Pati, RadarMuria.Com                 Anggota DPR RI, Sudewo memberi apresiasi dan penghargaan khusus (reward) kepada Gandrung Swara Al-Ghiffari, siswa kelas VII SMPN 1 Kayen, yang meraih gelar Juara 1 Festival Dalang Anak Nasional 2022, untuk kategori umur 12 - 15 tahun.

Penghargaan berupa uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah, diserahkan langsung oleh Sudewo kepada Gandrung melalui acara apel pagi yang diikuti kepala sekolah dan dewan guru serta siswa, Sabtu (01/10).

Sudewo yang merupakan alumni angkatan '85 SMPN 1 Kayen, dalam amanatnya mengatakan, menjadi suatu kebanggaan dan mengharukan bisa hadir di SMPN 1 Kayen.

"Ini sekolah almamater saya. SMPN 1 Kayen ini tempat saya belajar ilmu selama 3 tahun, saat itu. Ada sesuatu yang mendorong saya datang ke sini, kali ini. Karena ada murid yang mengukir sejarah sebagai Juara 1 Dalang Anak Tingkat Nasional. Sebagai bagian dari keluarga besar SMPN 1 Kayen, maka saya dari Jakarta hadir di sini untuk menyampaikan suatu penghargaan", kata Sudewo.

Menurut Anggota Komisi V DPR RI ini, prestasi yang diraih Gandrung merupakan raihan yang luar biasa, sehingga perlu didorong dan dikawal agar selalu berprestasi ke depan.

"Saya punya harapan supaya SMP 1 Kayen dikelola dengan baik, sehingga mampu melahirkan anak - anak yang berprestasi, baik ditingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Juga mencetak anak - anak yang punya kepribadian dan tidak salah dalam pergaulan. Modal kepandaian dan kepribadian yang baik akan mengantarkan mereka menjadi orang sukses nantinya dan menjadi harapan untuk pembangunan bangsa dan negara", ungkap Sudewo.



Selain kepada Gandrung, dalam kesempatan sama, Sudewo juga memberi penghargaan serupa kepada pemenang ke-tiga lomba dalang anak tingkat Provinsi Jawa Tengah, yaitu Ageng Purwocarito, siswa kelas VI SDN Jatiroto 02 Kecamatan Kayen.

Kepala SMPN 1 Kayen, Farid Suhanto dalam kesempatan itu mengungkapkan rasa bangga atas kehadiran dan kepedulian politisi asal Kayen itu, terhadap sekolah yang dipimpinnya.

"Saya bangga memiliki alumni yang ingat dan peduli terhadap sekolah ini. Bahkan tidak cuma sekali ini saja. Semoga pak Sudewo selalu sehat dan sukses dalam kariernya", ucap Farid Suhanto, yang mulai menjabat Kepala SMPN 1 Kayen sejak 2020 lalu.

Atas prestasi Gandrung tersebut, Farid menjelaskan, hal itu tidak terlepas dari peran pembinaan yang diberikan oleh guru pembimbing dan orang tua murid.

"Sekolah menyediakan seperangkat gamelan plus wayang kulit untuk ektra kulikuler siswa. Peran guru pembimbing dan orangtua murid diperlukan untuk meraih prestasi", jelasnya.

Sementara itu, Gandrung yang menjuarai Festival Dalang Anak Nasional 2022 di Jakarta, yang diselenggarakan pada 22 - 24 September 2022, merasa senang atas pemberian penghargaan dari Sudewo.

"Merasa kaget dan senang juga. Terima kasih pak Sudewo", ucap Gandrung.

Anak dari Wiwin Nusantara, seorang dalang wayang kulit yang tinggal di Kayen ini menambahkan, membawakan lakon Anoman Obong, dia keluar sebagai Juara 1 setelah menyisihkan peserta dari 31 daerah seluruh Indonesia.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.