LOMBA MAPSI SD TINGKAT KABUPATEN PATI DIIKUTI 522 SISWA


Penyerahan Piala Bergilir Bupati Pati oleh Henggar Budi Anggoro pada Pembukaan Lomba Mapsi SD 2022 Tingkat Kabupaten Pati



Pati, RadarMuria.Com                 Lomba Mata Pelajaran  Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (Mapsi) SD 2022 Tingkat Kabupaten Pati, diikuti 522 siswa SD, yang merupakan perwakilan dari tiap kecamatan.

Pembukaan acara berlangsung di SMPN 2 Margorejo, Kamis (06/10), oleh Penjabat Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajaran.

Dalam sambutan, Penjabat Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro mengapresiasi penyelenggaraan Lomba Mapsi SD 2022 Tingkat Kabupaten Pati.

"Mengapresiasi Disdikbud Kabupaten Pati yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Mudah - mudahan diperoleh juara - juara sesuai kategori lomba. Sehingga adik - adik menjadi yang terbaik dan dapat berbicara pada lomba ditingkat Provinsi Jawa Tengah",  kata Henggar.

Potensi dan bakat peserta didik, khususnya tingkat SD, menurutnya, dapat terasah dan ditingkatkan serta termotivasi untuk meraih prestasi di masa mendatang.

"Lomba Mapsi ini menjadi landasan yang kuat bagi adik - adik, untuk memperlihatkan bakat. Ini juga menjadi sarana pembentukan karakter, sikap dan perilaku menuju jenjang pendidikan selanjutnya", tambahnya.

Selain itu, sebut Henggar, Lomba Mapsi  sebagai sarana mengukur sejauh mana efektivitas dan kemanfaatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan selama ini.

"Juga sebagai evaluasi bersama terhadap poses pelaksanaan pembelajaran", tandas Henggar.

Disela sambutan, Henggar pun berinteraksi dengan beberapa peserta lomba dan memberikan kuis berhadiah.

Penampilan grup rebana SDN Pati Kidul 01 pada Lomba Mapsi 2022 Kabupaten Pati


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, Winarto dalam laporan mengatakan, maksud dan tujuan pelaksanaan Lomba Mapsi yaitu sebagai tolak ukur penyerapan kurikulum Pendudikan Agama Islam (PAI) dan keberhasilan pelaksanaannya di sekolah.

"Mengukur keberhasilan anak dalam kegiatan ibadah, berakhlaqul karimah serta membentuk budi pekerti luhur dalam rangka membangun persatuan dan kesatuan bangsa", kata Winarto.

Selain itu, juga menumbuhkan ketrampilan atau skil dikalangan siswa, serta membentuk profil Pelajar Pancasila.

Dalam kesempatan itu, Winarto berpesan, agar dewan juri dan panitia bekerja baik, berlaku jujur dan profesional dalam melakukan penilaian lomba guna menentukan juara.

"Yang pantas juara, tetapkan sebagai juara. Yang pantas juara 1, tetapkan juara 1. Dengan profesionalitas, juri bisa memilih juara yang tepat, sehingga pada kejuaraan tingkat provinsi mendatang, tim Pati dapat mempersiap lebih keras lagi untuk meraih prestasi", pesan Winarto

Menutup acara pembukaan, dilakukan penyerahan Piala Bergilir Bupati Pati oleh Henggar Budi Anggoro kepada Ketua Panitia.

Adapun cabang lomba meliputi, Komputer, PAI/BTQ, Kaligrafi, Tilawah, Hifdzil, Khitobah, Macapat, Adzan, Shalat dan Rebana. Masing - masing cabang lomba diikuti peserta putra - putri, kecuali lomba adzan.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.