POTENSI DIBIDANG PERTANIAN DAN PERIKANAN - KABUPATEN PATI BUTUH SUB TERMINAL AGRIBISNIS DAN AGRIMART

Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kabupaten Pati - Didik Eka Haribawa


Pati, RadarMuria.Com
Potensi Kabupaten Pati dibidang pertanian dan perikanan menjadi unggulan daerah yang masih dapat dikembangkan.

Berbagai komoditas pertanian dan perikanan serta hasil olahannya, cukup melimpah dan banyak diminati masyarakat lokal hingga luar daerah.

Keadaan itu mendorong dilakukannya upaya pengelolaan  komoditas secara baik hingga dapat sampai ditangan dan dinikmati oleh konsumen.

Maka memunculkan suatu ide atau gagasan dibentuknya Sub Terminal Agribisnis yang khusus menampung dan mendistribusikan komoditas serta Agrimart Organik sebagai toko modern yang menyediakan bahan pangan hasil pertanian dan perikanan organik.

Hal tersebut disampaikan Kepala DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kabupaten Pati melalui Kabid Penanaman Modal Didik Eka Haribawa di ruang kerjanya kepada RadarMuria.Com, Selasa (21/1).

"Melihat potensi yang ada, kami mempunyai gagasan untuk membuat Sub Terminal Agribisnis dan Agrimart Organik", terang Didik yang sebelumnya pernah menjabat Kabid Penyuluhan PPL pada Dinas Pertanian Kabupaten Pati.


Sektor Pertanian dan Perikanan Potensi Unggulan Daerah Kabupaten Pati (foto : /.net)

Ia menambahkan, inovasi itu sebagai  upaya meningkatkan kegiatan ekonomi dalam rangka menyejahterakan masyarakat.

"Akan ada banyak kegiatan di sektor itu dan tentu penyerapan tenaga kerja", tambah Didik.

Namun demikian, menurutnya, lokasi yang digunakan tidak harus tersentral di satu tempat tetapi bisa ada lebih dari satu.

Didik pun menyebut, di wilayah Juwana, Dukuhseti dan Tayu dapat menjadi sub terminal dimaksud karena letaknya yang dekat dengan pelabuhan dan akses jalan yang memadai.

Sedangkan untuk Agrimart Organik, ia berpendapat dapat didirikan di tempat - tempat stategis yang mudah dijangkau. Dan bisnis ini, lanjutnya,  akan memiliki prospek dan peluang yang bagus, karena pola dan gaya hidup masyarakat yang mulai bergeser.

"Masyarakat saat ini lebih nyaman mengkonsumsi produk organik, karena dinilai lebih aman dan menyehatkan", ujarnya.

Sub Terminal Agribisnis dan Agrimart Organik, menurutnya, menjadi peluang usaha yang menjanjikan di masa depan dan oleh karena itu pihaknya mendorong kepada investor untuk menanamkan modalnya pada sektor tersebut.

"Mudah - mudahan dapat direalisasikan dan akan menjadi yang pertama karena daerah lain juga belum ada", harap Didik.

Menyinggung investasi dan targetnya di 2020 ini, Didik mengungkapkan akan menjalankan program - program yang telah tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Pati.

"Tentu ada target yang harus dicapai pada 2020, dengan menjalankan program dan selalu berinovasi", pungkas Didik Eka Haribawa penuh optimis.

Penulis : RM. Usman

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.