RIBUAN NELAYAN JUWANA GELAR AKSI UNJUK RASA, SAMPAIKAN TUJUH PERNYATAAN SIKAP

 


Aksi Nelayan Juwana Kabupaten Pati memprotes kebijakan pemerintah yang dinilainya memberatkan, dengan menyampaikan 7 pernyataan sikap, di hadapan pimpinan DPRD Kabupaten Pati.



Pati, RadarMuria.Com                   Ribuan nelayan dan pelaku usaha perikanan di wilayah Kabupaten Pati menggelar aksi unjuk rasa memprotes kebijakan dan regulasi yang dirasa memberatkan usaha mereka, Sabtu (14/05/22).

Dengan mengendarai kendaraan roda dua dan roda empat, nelayan dan pelaku usaha perikanan yang sebagaian besar dari Kecamatan Juwana, mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Pati untuk menyampaikan aspirasi, dengan harapan selanjutnya, dapat dikirimkan keinginan mereka itu ke pemerintah pusat.

Kedatangan mereka yang menamakan diri sebagai Aksi Nelayan Juwana - Pati,  mengeluarkan 7 pernyataan sikap, yaitu turunkan indeks tarif PNBP paska produksi dari semula 10 persen menjadi 5 persen, menentukan perijinan kapal pukat udang (buatan asing) di WPP 718, pemberlakuan aturan pendampingan 2 WPP yang berdampingan untuk keberlangsungan usaha perikanan tangkap, penghentian kapal penangkap ikan eks asing maupun asing diseluruh WPPNRI, mengijinkan kapal pengangkut untuk kembali beroperasi di WPPNRI, menghentikan penindakan pelanggaran di laut dengan tahapan peringatan / pembinaan; dan turunkan harga BBM solar industri untuk nelayan.

Pernyataan sikap itu dibacakan di tengah aksi demo dan selanjutnya ditandatangani para pihak, antara lain Ketua DPRD Kabupaten Pati, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Koordinator Aksi Nelayan Juwana.

Koordinator Aksi, Hadi Sutrisno mengatakan, kebijakan pemerintah dinilainya tidak berpihak kepada nelayan dan pelaku usaha perikanan, karena dinilainya sangat memberatkan.

"Kami menentang kebijakan yang tidak berpihak kepada nelayan. Kami meminta pemerintah, salah satunya yaitu menurunkan tarif PNBP dari 10 persen menjadi 5 persen", kata Hadi Sutrisno.

Kedatangan mereka ke DPRD Kabupaten Pati itu, dalam rangka meminta dukungan wakil rakyat yang tertuang dalam 7 pernyataan sikap, untuk diteruskan kepada pemerintah pusat.

Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin di hadapan para pengunjuk rasa menegaskan,  pihaknya menerima aspirasi para nelayan dan berjanji akan meneruskannya ke pemerintah pusat.

"Pada prinsipnya, kami mendukung langkah - langkah yang dilakukan Paguyuban Nelayan Pati. Kami berjanji akan membawa aspirasi nelayan Pati ke pemerintah pusat", tegas Ali Badrudin, didampingi para Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pati.

Aksi nelayan berjalan  tertib dan aman, serta mendapat pengawalan dan pengamanan dari Polres Pati.

(RM. Usman :/Indro)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.