SEDERHANA DAN TERBATAS, KODIM 0718/PATI GELAR PENGAJIAN PERINGATI MAULID NABI





Pati, RadarMuria.Com-     Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M, Kodim 0718/Pati menggelar pengajian secara sederhana dan terbatas, Senin (26/10), bertempat di Mushola Al-Falah Kodim setempat.

Dengan tema "Tingkatkan Semangat Kepedulian Kepada Sesama di Tengah Pandemi Covid-19", pengajian diikuti internal staf, anggota militer dan ASN Kodim serta menampilkan penceramah Mayor Inf Much Sholihin, S.Ag; M.Si yang menjabat Kasdim Pati. 

Acara diawali lantunan ayat suci Al-Quran oleh Serma Suwanto anggota Koramil 03/Tayu, dilanjutkan ceramah maulid.

Kasdim menerangkan, Nabi Muhammad SAW yang lahir pada 12 Rabiulawal itu, merupakan nabi penuntun ke jalan yang lurus bagi seluruh umat manusia dan satu - satunya figur yang tidak tergantikan dalam sejarah peradaban manusia.



"Sehingga mampu memberi pengaruh di alam ini. Karena yang muncul dari Rasulullah Muhammad adalah wahyu dari Allah SWT. Berbudi pekerti yang agung dan kelahirannya disambut oleh malaikat dan seluruh alam bertasbih kepada Allah karena kelahirannya sebagai penutup para nabi", terang Mayor Much. Sholihin.

Nabi Muhammad, lanjutnya, terkenal dengan panggilan Al-Amin yang berarti terpercaya. Kisah hidup dan riwayatnya, juga diuraikan dalam ceramah tersebut.

"Intisari memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah supaya mengenal lebih dekat dan mempertebal kecintaan kita kepada Nabi Muhammad", ungkap Kasdim.

Menurutnya, tanda - tanda kecintaan dapat dilihat dari kesungguhan kita dalam mengenal dan mempelajari sejarah dan apa yang ditinggalkan oleh Nabi Muhammad kepada ummatnya.

"Berikutnya adalah dapat mencontoh dan meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Paling tidak dengan menerapkan 4 sifatnya, yakni shidiq, amanah, tabligh dan fathonah. Sehingga kita bersemangat dalam menjalankan dan mensiarkan ajaran Islam, terutama shalat 5 waktu, puasa dan semua kebaikan yang diajarkan", pungkas Kasdim Mayor Inf Much Sholihin.

(RM. Usman : /Pendim)

---------------------------------------------------------------------------





0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.