DENGAN INOVASI DAN KREATIFITAS, PEMUDA BISA MENJADI AGEN PERUBAHAN




Pati, RadarMuria.Com-      Dengan usaha yang diiringi kemauan, inovasi dan kreatifitas serta keberanian, pemuda bisa menjadi agen perubahan bagi daerahnya.

Demikian dikatakan Bupati Pati Haryanto saat menjadi pembicara pada webinar bertema "Peran Serta dan Sinergitas Karang Taruna Dalam Membangun Negeri", Rabu (28/10), di Paringgitan Pendopo Kabupaten Pati.

Webinar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan HUT ke-3 Karang Taruna Kabupaten Pati.

Selain bupati, juga tampil Wakil Bupati Saiful Arifin yang mengikuti dari Aula Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) di Jalan Sudirman Pati.

Haryanto mengatakan, Karang Taruna merupakan wadah pemuda untuk melakukan banyak hal positif dan bermanfaat.

"Dengan Karang Taruna para pemuda di desa bisa menunjukkan bahwa mereka mampu menjadi penggerak dibidang sosial, perekonomian maupun lainnya", terang Haryanto.

Tetapi menurutnya, untuk meraih keberhasilan dibutuhkan proses dan waktu, serta tidak bisa instan.

"Misalnya kita mau mengelola wisata desa atau ekonomi kreatif, itu butuh waktu", jelas Haryanto.

Dia optimis, pemuda di Kabupaten Pati mampu membawa Karang Taruna ke arah lebih baik, sehingga organisasi itu yang dulu dipandang sebelah mata bisa berkiprah diberbagai bidang.

"Inovasi dan kreatifitas mesti diangkat. Kalau saat ini belum dipercaya penuh, tunjukkan bahwa kita bisa dan ada kemauan", lanjutnya.

Haryanto meyakini, pemuda merupakan agent of change. Untuk mewujudkan itu, dia mengajak Karang Taruna menyimak dan meneladani kisah sukses para pemimpin.

Wakil Bupati Saiful Arifin menekankan agar Karang Taruna bisa menjalin sinergi dengan pemerintah.

"Karena itu ayo kita dorong teman - teman Karang Taruna untuk bersinergi dengan pemerintah, teeutama pemeeintah desa. Kita punya idealisme, tapi tidak mesti berseberangan. Boleh sampaikan kritik, tapi tetap bersama", tutur Saiful Arifin yang juga Ketua Karang Taruna Kabupaten Pati.

Dalam kesempatan itu, dia mengajak Karang Taruna bergandeng - tangan dengan pemerintah desa masing - masing guna memberi dampak positif.

"Jangan dulu pesimistis dan bertanya - tanya, saya kok nggak didukung pemdes. Kita perlu bertanya dulu ke diri sendiri. Apa yang sudah kita perbuat untuk desa. Jangan cuma taunya hanya nyinyir", ucapnya.

Menurut Saiful Arifin, jika anggota Karang Taruna melakukan kegiatan positif dan memberi solusi untuk berbagai permasalahan desa, maka dengan sendirinya pemerintah desa akan mendukung.

"Ayo kita kompak dan guyub menjadikan desa maju dan kondusif. Kalau pemuda bersikap demikian, desa akan benar - benar menjadi motor penggerak pembangunan", ajak Saiful Arifin.

(RM. Usman : po3/PO/MK)

--------------------------------------------------------------------------




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.