PENUHI TARGET, TMMD SENGKUYUNG TAHAP III /2020 KABUPATEN PATI, RESMI DITUTUP


Penutupan Program TMMD Sengkuyung Tajap III Tahun Anggaran 2020 Kabupaten Pati



Pati, RadarMuria.Com-      Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2020 Kabupaten Pati, resmi ditutup.

Penutupan dibawah guyuran hujan itu ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Pati H. Haryanto bersama Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani dipusatkan di Desa Payak Kecamatan Cluwak, Rabu (21/10).

Turut hadir Kepala Dispermades Kabupaten Pati Sudiyono, Wakapolres, Forkopimcam Cluwak dan Pemerintah Desa setempat.

Bupati Haryanto mengatakan, TMMD Tahap I hingga III telah terlaksana sesuai rencana.

"Terima kasih kepada pak Dandim karena TMMD Sengkuyung satu, dua dan tiga dikategorikan berhasil dan sukses karena tepat waktu, tepat mutu dan melebihi target. Walaupun dalam pandemi Covid-19", ucap Haryanto.

Dalam sambutan, Dandim Letkol Adi Ilham mengatakan, TMMD Sengkuyung rutin dilaksanakan di wilayah Kabupaten Pati sebanyak 3 tahap.

"Dan hari ini dilaksanakan penutupan TMMD Tahap 3 Tahun Anggaran 2020", kata Dandim.

Penyerahan kunci rumah kepada warga penerima Rehab RTLH


Kegiatan TMMD, lanjut Dandim, meliputi kegiatan fisik dan non fisik dilaksanakan di 2 desa, Sitiluhur Kecamatan Gembong dan Payak Kecamatan Cluwak.

Kegiatan fisik meliputi betonisasi dan pengaspalan jalan, juga rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 4 unit.

"Alhamdulillah, semua kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, sehingga akhirnya diresmikan", tutur Letkol Adi.

Dandim berharap, Program TMMD dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya di 2 desa tersebut dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat seiring peningkatan akses jalan yang telah dibangun.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pati dan Kepala OPD terkait yang telah secara terus  - menerus membantu suksesnya pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I, II dan III. Juga kepada seluruh instansi,  Kemenag dan Baznas", lanjutnya.

Dandim berharap, kerja sama yang sudah terjalin baik itu dapat dilanjutkan pada tahun - tahun mendatang.

"Sudah direncanakan lagi untuk TMMD Tahun Anggaran 2021. Yang biasanya sasaran Sengkuyung ada 6 desa, tetapi nantinya sasarannya cuma ada 5 desa, karena salah satu tahap itu ada TMMD Reguler", sambung Dandim.

Pada akhir penutupan, juga dilakukan penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat dari dinas terkait.

Adapun capaian Program TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2020 yang telah rampung 100 persen  yaitu sasaran pokok berupa pengaspalan jalan desa dengan volume panjang 947 meter, lebar 3 meter dan ketebalan 0.5 meter, di Desa Payak.

Untuk Desa Sitiluhur berupa pengerasan jalan desa (betonisasi) dengan ukuran panjang 1000 meter, lebar 2.5 meter dan tebal 0.12 meter.

Sasaran tambahan berupa rehab RTLH,  masing - masing desa penerima sebanyak 2 unit.

(RM. Usman : /Snpt.Pendim)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.