SENSUS PENDUDUK 2020 TERAPKAN SISTEM ONLINE

Sensus Penduduk 2020 - Menuju Satu Data Kependudukan


Pati, RadarMuria.Com
Pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020 akan dimulai pada Februari hingga Juli 2020.

Hal itu terungkap saat Rapat Koordinasi Sensus Penduduk yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Pati di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (4/2).

Rakor dibuka oleh Bupati Pati H. Haryanto  dan turut hadir Sekretaris Daerah Ir. Suharyono, Kepala Disdukcapil Rubiyono, Kodim 0718/Pati dan Polres Pati, Camat, Kepala SMA dan sederajat serta instansi terkait.

Dalam arahan, Bupati Haryanto mengatakan bahwa sensus penduduk dilakukan secara berkala dan sistem yang digunakan pada 2020 adalah secara online dan offline (manual).

"Ini dalam rangka menyosialisasikan kepada warga masyarakat serta lingkungan terkait, karena begitu pentingnya sensus penduduk", ujar bupati.

Dengan sensus, bupati mengungkapkan, akan dapat diketahui data kependudukan,  meliputi pertumbuhan penduduk,  ekonomi dan data kemiskinan.

Bupati Haryanto pun meminta agar sensus dilaksanakan dengan baik dan akurat. 

"Meskipun ini tugas vertikal, kita mendukung dan memberi perhatian agar program ini dapat berjalan dengan lancar", ujar H. Haryanto.


Kepala BPS Pati Anang Sarwoto : Sensus Penduduk 2020 Menggunakan Sistem Online dan Offlline

Sementara itu, Kepala BPS Pati Anang Sarwoto membenarkan , bahwa dalam Sensus Penduduk 2020 akan terbagi kedalam 2 sistem.

"Yaitu secara online yang dimulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020", terang Anang.

Sedangkan sistem offline, yaitu dengan metoda wawancara yang dilakukan terhadap penduduk yang belum mendaftar secara online, akan berlangsung pada  tanggal 1 hingga 31 Juli 2020.

"Harapan kami, penduduk dapat melakukan sensus secara online, sehingga terjangkau luas", lanjut Anang.

Mendukung pelaksanaan sensus, akan dilibatkan banyak petugas lapangan sejumlah 2.200 orang (untuk bulan Juli), terdiri atas 300 orang selaku koordinator tim dan selebihnya sebagai petugas pencacah.

"Mereka akan direkrut secara online melalui website dan akan mendapat pelatihan terlebih dahulu, sehingga memahami tugas - tugas Sensus Penduduk", pungkas Anang Sarwoto.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.