CALON KEPALA DESA HASIL PILKADES SERENTAK 2019 KABUPATEN PATI - DILANTIK HARI INI

Bupati Pati H. Haryanto Menyalami Para Cakades Peserta Diklat


Pati, RadarMuria.Com
Calon Kepala Desa (Cakades) hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang 3 / 2019 Kabupaten Pati, dilantik dan diambil sumpah / janji pada hari ini, Sabtu (15/2).

Sebanyak 121 Cakades akan dilantik oleh Bupati Pati H. Haryanto bertempat di Pendopo Kabupaten Pati.

Untuk memuluskan jalannya acara, pada Jumat sore (14/2) dilakukan gladi di pendopo kabupaten setempat.


Para Cakades Mengikuti Gladi Pelantikan di Pendopo Kabupaten Pati (Jumat sore - 14/2)

Sebelum memasuki tahapan pelantikan ini, para Cakades juga diwajibkan mengikuti diklat selama 6 hari, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pati, di New Merdeka Hotel.

Materi diklat meliputi kepemimpinan, wawasan kebangsaan, keuangan dan anggaran serta penyusunan APBDes hingga sistem pelaporan keuangan.

Pemateri / narasumber diklat antara lain Bupati dan Wakil Bupati, Dandim 0718/Pati dan Kapolres Pati serta Kepala OPD terkait.

Bupati Haryanto  mengetengahkan materi kepemimpinan, yaitu kiat - kiat menjadi pemimpin yang baik.

Salah satunya adalah mengutip buku karya Purwadi yaitu Misteri Gajahmada, terbitan 2009.

Menurut buku tersebut,  Haryanto mengemukakan, ada 18 ilmu kepemimpinan (semua dalam istilah Sansekerta), yang apabila dilakukan oleh seorang pemimpin, maka akan menjadi pemimpin yang sukses.

Antara lain Wijaya, Mantriwira, Natangguan, Satya Bakti Prabu, Wagmiwak, Wicaksaneng Naya, Sarjana Upasana, Dirosaha, Tan Satrisna, Masihi Smasta Buwana, Sih Samasta Buwana, Nagara Gineng Pratijna, Dibyacita, Sumantri, Nayaken Mu6suh, Ambek Parama Arta, Waspada Purwa Arta dan Prasaja.

Namun demikian, lanjut bupati,  seorang pemimpin juga harus memiliki komitmen, antara lain mencari peluang yang menantang, berani mencoba dan bersedia menanggung resiko, menjadi pemimpin masa depan, menggalang kerjasama, membina harmonisasi, memperkuat mitra kerja, menunjukkan keteladanan dan merencanakan keberhasilan secara bertahap.

Wakil Bupati Sayaiful Arifin, dalam penyampaian materi mengemukakan, pentingnya seorang pemimpin untuk mencari terobosan - terobosan.

Menurutnya, kepala desa jangan selalu hanya mengandalkan anggaran dan bantuan keuangan dari pemerintah,  namun harus mampu menarik investor masuk ke desa guna mengembangkan produktivitas dan potensi yang ada.


Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pati Drs. Susanto Menyampaikan Materi Wawasan Kebangsaan

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pati Drs. Susanto menekankan pentingnya pengamalan nilai - nilai Pancasila sebagai dasar negara, ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Selaku kepala desa, lanjutnya, dalam pengamalan nilai - nilai Pancasila itu antara lain dapat diimplementasikan melalui pelaksanaan program pembangunan meliputi fisik atau infrastruktur secara merata di seluruh wilayah desa.

"Jangan sampai ada perbedaan, hanya karena wilayah tertentu bukan sebagai pendukung atau pemilih kades dalam pilkades kemaren", pinta Susanto.

Karena, tambahnya, program pembangunan yang  ada di desa, harus memenuhi rasa keadilan sosial masyarakat.

Atas pelaksanaan diklat tersebut, diharapkan para Cakades dapat tambahan bekal ilmu yang berguna untuk menjalankan kepemimpinan di desa masing - masing.

Penulis : RM. Usman

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.