BBPP KEMENAKER GELAR PELATIHAN PRODUKTIVITAS WIRAUSAHA GUNA TINGKATKAN DAYA SAING

Pelatihan Produktivitas Wirausaha Baru Terintegrasi Kementerian Tenaga Kerja RI


Pati, RadarMuria.Com
Kementerian Tenaga Kerja RI melalui BBPP (Balai Besar Peningkatan Produktivitas) bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pati menyelenggarakan  Pelatihan Produktivitas Wirausaha Baru  Terintegrasi, bertempat di Balai Desa Tlogorejo Kecamatan Tlogowungu, Senin (10/2).

Pelatihan yang diikuti sebanyak 20 pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dari desa setempat itu, resmi dibuka oleh Kepala Disnaker Kabupaten Pati, Tri Haryama.

Dalam sambutan, Tri Haryama mengatakan, sesuai program Presiden Jokowi saat ini adalah peningkatan bidang sumber daya manusia. 

"Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat mandiri atau memiliki keahlian sehingga bisa diterima kerja di perusahaan", terang Tri Haryama.


Penyerahan Simbolis Alat Kelengkapan Pelatihan Wirausaha oleh Kepala Disnaker Kabupaten Pati Tri Haryama Kepada Peserta

Ia pun menjelaskan, terselenggaranya kegiatan tersebut adalah berkat hubungan kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Pati dengan Kementerian Tenaga Kerja RI.

"Dalam waktu dekat juga akan ditandatangani MoU antara Bupati Pati dengan kementerian beserta dinas terkait, agar pembinaan terhadap angkatan kerja dapat terintegrasi", jelasnya.

Terkait pembinaan angkatan kerja, Tri Haryama mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Pati telah memfasilitasi dan menganggarkan untuk pemberdayaan.

Dalam kesempatan itu, ia berpesan, agar peserta dapat mengikuti dan memahami setiap materi yang diberikan oleh instruktur.

"Dan berharap ada diskusi dan interaksi agar benar - benar paham", ujar Tri Haryama.

Untuk itu, pihaknya juga berharap dukungan dari semua pihak agar program pemberdayaan melalui Disnaker Kabupaten Pati dapat terus berlangsung, guna mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan masyarakat", harap Tri Haryama.


Kepala Desa Tlogorejo Iriana Dwi Nurani Mengapresiasi Kegiatan Pelatihan Wirausaha Bagi Warga Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan

Sementara itu, Kepala Desa Tlogorejo Iriana Dwi Nurani menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Tenaga Kerja dan Disnaker Kabupaten Pati atas kepedulian untuk memberi pembinaan dan pelatihan terhadap warga Tlogorejo.

"Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta dan dapat dijalankan sesuai ilmu yang telah didapatkan", ujar Iriana Dwi Nurani.

Peserta akan mengikuti pelatihan selama 5 hari dengan materi meliputi teori dan praktek.

Yaitu, pengelolaan keuangan, produksi hingga packing dan manajemen pemasaran baik melalui online maupun secara manual.

Penulis : RM. Usman

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.