BPD MARGOREJO RESMI DILANTIK DAN DIAMBIL SUMPAH / JANJI


Camat Margorejo Drs. Sudarto Melantik dan Mengambil Sumpah / Janji Anggota BPD Desa Margorejo Kecamatan Margorejo

Pati, RadarMuria.Com
Sebanyak 9 Anggora BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Periode 2020 - 2026 Desa Margorejo Kecamatan Margorejo  diresmikan dan diambil sumpah / janji, bertempat di balai desa setempat, Selasa malam (4/2).

Pengambilan Sumpah / Janji dilakukan oleh Camat Margorejo Drs. Sudarto, dihadiri Forkopimcam dan Kepala Desa Margorejo Nabiyanto, lembaga desa serta tamu undangan.

Dalam amanat, Camat Sudarto mengatakan bahwa Anggota BPD sebenarnya adalah atas usulan musyawarah desa sesuai yang diatur dalam Peraturan Bupati Pati.

Namun, lanjutnya, Anggota BPD dapat dipilih sesuai mekanisme yang ada berdasarkan azas demokrasi.

Adapun tugas dan fungsi BPD, menurut Camat Sudarto, meliputi planning (perencanaan), budgeting (penganggaran) dan controlling (pengawasan).

"Jadi BPD dapat atau berhak untuk sharing dengan pemerintah desa terkait pelaksanaan kegiatan atau program, hingga ke pertanggungjawaban.
Itu tidak dapat dipisahkan", terang Sudarto.

Ia pun meminta, BPD yang haru dapat bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintah desa, karena BPD merupakan mitra kerja kepala desa dalam menjalankan pemerintahan.


Keterwakilan Perempuan Dalam BPD Desa Margorejo

Sementara itu, Kepala Desa Margorejo Nabiyanto dalam sambutan, berharap BPD segera membentuk pengurus dan tata tertib, guna mendukung kinerja lebih baik.

"Namun demikian, BPD dalam menjalankan tugas dan fungsinya tidak terlepas dari koordinasi dengan pemerintah desa", harap Nabiyanto.

Hal itu, menurutnya, guna membangun kesepahaman dalam rangka pembangunan Desa Margorejo.

"Komunikasi dan koordinasi yang kita butuhkan, serta agar dapat berkreasi untuk membangun berdasarkan regulasi yang ada", tambah Nabiyanto.

Untuk itu, Nabiyanto juga meminta agar antara BPD dan pemerintah desa untuk saling mengingatkan dalam rangka mencapai hasil maksimal dalam pembangunan desa.

Anggota BPD, 2 diantaranya adalah perempuan tersebut, akan mewakili dan membawa aspirasi masyarakat Desa Margorejo, yang terbagi dalam 28 RT dan 7 RW, dengan jumlah penduduk lebih dari 4000 jiwa.

"BPD yang baru ini adalah figur - figur pilihan masyarakat, maka optimis dapat bekerja dan berprestasi", pungkas Nabiyanto.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.