PENUHI KEBUTUHAN AIR BERSIH DI WILAYAH PATI SELATAN, SEGERA DIBANGUN EMBUNG KASIH

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Bening Kabupaten Pati, Bambang Soemantri, S. Kom



Pati, RadarMuria.Com             Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun ini akan membangun embung di Desa Kasihan Kecamatan Sukolilo.

Embung yang akan dinamai Embung Kasih ini, akan dibangun dilahan seluas 6 hektar milik Perumda Air Minum Tirta Bening Kabupaten Pati.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Bening, Bambang Soemantri mengatakan, Embung Kasih akan memanfaatkan lahan seluas 2.5 hektar, selebihnya akan dibangun fasilitas pendukung antara lain perkantoran, instalasi pompanisasi, intek dan kawasan wisata.

"Embung Kasih  memanfaatkan lahan - lahan yang terkena banjir saat musim hujan. Tahap awal akan dibangun untuk kapasitas 50 liter per detik", kata Bambang Soemantri, Kamis, pekan lalu.

Dia menambahkan, proses ke arah dibangunnya embung, telah dilakukan proses kontrak. Pihaknya pun, telah menggelar Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) di Kantor Desa Kasihan, pada Rabu pekan sebelumnya, yang dihadiri Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Forkopimcam Sukolilo, Pemdes Kasihan dan warga sekitarnya.

"Pada PKM tersebut, mendapat tanggapan positif masyarakat", ujarnya.

Bambang mengungkapkan, yang unik dari Embung Kasih nantinya adalah menampilkan ciri khas atau ikon tertentu.

Embung Kasih, lanjutnya, akan mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat di wilayah Pati selatan, sepanjang mulai dari Desa Kasihan hingga Desa Babalan Kecamatan Gabus.

"Air akan dapat dimanfaatkan di wilayah 3 kecamatan, yakni Sukolilo, Kayen dan Gabus. Untuk reservoirnya (bak penampungan air bersih) ada di Kayen", lanjut Bambang.

Pemanfaatan air Embung Kasih, menurutnya, setelah melalui proses pengolahan, akan mampu mengairi 5000 calon pelanggan dengan potensi pendapatan dari pemasangan sambungan baru itu mencapai 5 milyar rupiah, dengan asumsi 1 juta rupiah per pelanggan.

Setelahnya, pendapatan akan dihitung berdasarkan tagihan rekening air setiap bulannya. 

Proyek embung akan didanai pemerintah pusat dengan nilai 50 milyar rupiah, ditargetkan selesai dalam tahun ini juga.

"Tahun ini, embung penggarapannya selesai. Dan segera dapat dimanfaatkan", jelas Bambang.

Tahun 2022 ini, sebutnya, Kabupaten Pati terdapat 2 proyek yang dibeayai dari pemerintah pusat, yaitu Embung Kasih di Kecamatan Sukolilo dan proyek jaringan National Urban Water Supply Project (NUWSP) di Kecamatan Kayen untuk wilayah selatan dan di Batangan untuk wilayah timur.

Saat ini, Perumda Air Minum Tirta Bening Kabupaten Pati memiliki 5 wilayah operasi, yakni Cabang Pati 1 meliputi Pati Kta, Pati 2 meliputi Juana hingga Wedarijaksa, Pati 3 meliputi Juana hingga Jakenan, Pati 4 meliputi Batangan dan Pati 5 meliputi Sukolilo, Kayen, Tambakromo, Gembong dan Gunungwungkal.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.