Universitas Safin Pati Jalin Kerjasama dengan Pemkab Pati

Universitas Safin Pati (USP) menjalin hubungan kerjasama dengan Pemkab Pati



Pati, RadarMuria.Com            Universitas Safin Pati (USP) menjalin hubungan kerjasama dengan Pemkab Pati melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Kamis (14/09/23).

Penandatanganan berlangsung di kampus setempat, dilakukan oleh Rektor USP Dr. Drs. H. Martono, M.Pd dan Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, dengan disaksikan Ketua Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa, Saiful Arifin.

Dr. Murtono mengatakan, kerjasama ini tidak terlepas dari upaya mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

"Melalui kerjasama ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan, khususnya terhadap USP dan masyarakat Kabupaten Pati", kata Murtono.

Dia menyebut, pihaknya hingga saat ini juga telah menjalin MoU dengan 4 desa binaan, yakni Desa Bageng Kecamatan Gembong, Desa Guyangan dan Kertomulyo Kecamatan Trangkil serta Desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal.

"Alhamdulillah, hari ini dengan Pemkab Pati, yang ke-lima", ungkapnya.

Murtono melanjutkan, USP sat ini memiliki 800 mahasiswa yang terbagi dalam 5 fakultas dan 16 program studi (prodi).

"Untuk tahun akademik 2023 - 2024, kami memberikan beasiswa penuh sampai lulus kepada sebanyak 70 mahasiswa. Kami prioritaskan mereka yang asli dari Pati", lanjut Murtono.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa, Saiful Arifin menyebut, Universitas Safin Pati merupakan satu - satunya perguruan tinggi di Kabupaten Pati yang menyandang status universitas.

"Semoga setelah penandatanganan Mou antara Universitas Safin Pati dengan Pemkab Pati, ke depan akan terjalin kerjasama yang baik", ucap Saiful Arifin.

Menurutnya, USP ke depan akan mengembangkan konsep sporty, healthy & entrepreneur, sehingga mampu menarik minat calon mahasiswa. Khususnya dari lokal Pati yang ingin berkuliah di kampung halaman.

"Kalau sama - sama kuliah di perguruan tinggi swasta, ya mending kuliah di sini saja. Tidak ada living cost, karena dekat dari rumah", tuturnya.

Disisi lain, ia meyakini, hadirnya USP juga akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Sementara itu, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyambut baik kerjasama yang terjalin antara Pemkab Pati dengan Universitas Safin Pati.

"Pembangunan harus terus dilaksanakan pemerintah demi kesejahteraan masyarakat. Dan dalam mewujudkan tujuan tersebut, partisipasi kalangan akademisi (USP) sangat penting", kata Henggar.

Pj Bupati Pati berharap, kerjasama ini dapat menjadi tonggak dalam aksi - aksi nyata pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Pati.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.