BPJS Kesehatan Dorong Transformasi Mutu Layanan RSUD Soewondo Pati


Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan dr. Lily Kresnowati, M.Kes mengunjungi RSUD RAA Soewondo Pati, menyempatkan berdialog dengan pasien rumah sakit tersebut. 



Pati, RadarMuria.Com      BPJS Kesehatan mendorong RSUD RAA Soewondo Pati menuju transformasi mutu layanan kesehatan kepada masyarakat.

Melalui kolaborasi yang dibangun keduanya, diharapkan dapat memberikan kepastian layanan yang mudah - cepat dan setara, khususnya bagi peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Hal itu disampaikan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan dr. Lily Kresnowati, M. Kes pada kunjungannya di RSUD RAA Soewondo Pati, Rabu (20/09/23).

"Kunjungan kami RSU Soewondo, pertama menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang baik selama ini dalam memberikan layanan kesehatan. Juga menyampaikan beberapa komitmen kami terkait realisasi klaim untuk rumah sakit, pemberian uang muka dan lain - lain dalam rangka mendukung RSU Soewondo meningkatkan layanan yang lebih baik dan berkualitas", kata dr. Lily.

Menurutnya, hal itu sejalan dengan program Transformasi Mutu Layanan yang diluncurkan tahun ini, dengan tagline mudah - cepat dan setara.

"Tadi kami lihat, antara lain pada sistem antrean yang sudah menggunakan digitalisasi yang dapat menghindari terjadinya penumpukan. Juga inovasi layanan pengantaran obat. Itu adalah inovasi yang sangat baik", ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, dr Lily dengan didampingi Kepala Dinkes dr Aviani Tritanti Venusia, Plt Direktur RSUD RAA Soewondo Dr Suhartoto, Asisten Pemerintahan dan Kesra Siti Subiati, serta pejabat dan dokter rumah sakit setempat, meninjau  ruang rawat inap dan berdialog dengan pasien.

"Kami juga mewawancarai beberapa pasien, melihat dan mendengar testimoninya terhadap layanan BPJS. Tadi semua menyatakan baik. Karena kami juga mendengar berita viral yang kadang - kadang pelayanan BPJS kesannya tidak baik", tutur dr Lily.

Layanan kesehatan, menurutnya, sangat penting terlebih telah diterbitkannya Inpres Nomor 01 Tahun 2022 yang mendorong semua kementerian atau lembaga menuju optimalisasi JKN. 

"Termasuk pemda yang juga harus mendorong pencapaian UHC (Universal Healt Coverage) di masing - masing daerah sebagai bukti komitmen menjamin seluruh warganya terhadap layanan kesehatan", tambahnya.

Pihaknya berharap, RSUD RAA Soewondo Pati dengan segala kemampuan sumberdaya yang ada, terus meningkatkan pelayanan supaya bisa bersaing dan bisa menjadi rumah sakit kepercayaan pilihan masyarakat.

Kepala Dinkes Kabupaten Pati, dr Aviani Tritanti Venusia mengatakan, pihaknya siap mendukung Transformasi Mutu Layanan di setiap fasilitas kesehatan yang ada di wilayah kabupaten ini.

"Kita selalu tingkatkan kompetensi bidang layanan, baik di rumah sakit maupun puskesmas. Apabila masih ada keluhan, itu menjadi tantangan bagi kami untuk lebih meningkatkannya lagi", kata dr Aviani.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD RAA Soewondo Pati, Dr Suhartoto mengungkapkan, merupakan kebanggaan bagi rumah sakit yang dipimpinnya itu, mendapat kunjungan dari BPJS Pusat.

"Ini menjadi pemicu dan pendorong bagi kami untuk selalu meningkatkan mutu layanan, transformasi dan digitalisasi", ungkap Dr. Suhartoto.

Apalagi, tambahnya, rumah sakit pemerintah itu, sekarang memiliki jargon SaDoDo, yaitu Saiki Soewondo wis Bedo. Sebuah ungkapan bahwa sekarang RSUD Soewondo sudah berbeda dibandingkan sebelumnya. Baik dari segi fasilitas yang dimiliki maupun segi pelayanannya.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.