Perjuangkan Nasib Nelayan, Mukid Maju Caleg Partai Demokrat Pati

Memperjuangkan nasib nelayan, Mukid memantapkan diri maju sebagai Caleg DPRD Kabupaten Pati melalui Partai Demokrat.



Pati, RadarMuria.Com              Demi memperjuangkan nasib nelayan di Kabupaten Pati, pengusaha perikanan tangkap asal Juwana, Mukid, memantapkan diri maju pada pemilihan legislatif pasa Pemilu 2024 mendatang.

Mukid 'nyaleg' melalui Partai Demokrat DPC Kabupaten Pati untuk daerah pemilihan (dapil) Pati 3, yakni  Juwana, Wedarijaksa dan Trangkil.

"Atas dorongan dan dukungan dari teman - teman nelayan, saya mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kabupaten Pati melalui Partai Demokrat. Bila nanti jadi, semoga bisa amanah", tutur Mukid saat menghadiri acara Sarasehan Budaya dan Rembug Petani Nelayan dan UMUM, yang diselenggarakan partai pimpinan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) itu, Minggu (30/07/23) di Jalan Pantura turut Desa Growong Kidul.

Aktif di organisasi nelayan dan menjadi salah satu pengurus di Paguyuban Mitra Nelayan Sejahtera, pria asal Desa Bendar yang kini tinggal di Desa Dukutalit Kecamatan Juwana ini, merasa prihatin atas nasib dan kondisi nelayan saat ini.

"Saat ini untuk bisa bertahan saja sudah bagus. Kondisinya sangat sulit. Itu dipengaruhi faktor cuaca, yang tidak bisa dilawan atau dihindari", tambahnya.

Selain itu, adanya regulasi dan peraturan yang dikeluarkan pemerintah, dinilainya juga turut menjadi faktor keterpurukan para nelayan.

"Semoga ke depan, perikanan tangkap bisa bergairah lagi, mampu menciptakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja karena sektor ini bersifat padat karya", ungkapnya.



Menurut Mukid, yang tergabung di Paguyuban Mitra Nelayan Sejahtera mencapai 400 anggota, yang rata - rata mereka sebagai pengusaha atau pemilik kapal tangkap.

"Setiap anggota memiliki 1 atau 2 kapal. Bahkan ada yang 10 hingga 20 kapal. Satu kapalnya bisa memperkerjakan sebanyak 40 hingga 50 orang. Bisa dikalikan sendiri berapa banyak yang bekerja disektor ini. Belum lagi yang bekerja disektor pendukungnya", jelas Mukid.

Terkait permasalahan yang dihadapi nelayan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin membantu, melalui organisasi atau paguyuban, dengan menyampaikan pendapat, masukan maupun tuntutan kepada pemerintah di daerah hingga ke pusat.

Termasuk, insiden  pembakaran kapal nelayan asal Juwana di perairan Kalimantan, beberapa waktu lalu, juga turut menjadi fokus perhatiannya, guna mendapat solusi penyelesaian yang sebaik - baiknya.

Acara Sarasehan Budaya dan Rembug Petani Nelayan & UMKM itu sendiri menghadirkan  narasumber, yakni Caleg DPR RI Dapil Jateng 3, Amal Alghozali, yang juga Ketua DPP Partai Demokrat Bidang Pangan, Pertanian Perikanan dan Kelautan.

Selain itu, juga Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Tengah, Kartina Sukawati dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pati, Joni Kurnianto.

Amal Alghozali yang tinggal di Kota Pati ini, dalam paparannya mengetengahkan masalah penciptaan lapangan kerja dan kesempatan berusaha menuju perubahan dan perbaikan.

Acara dimeriahkan iringan musik DJ Joni Kentrung, menampilkan artis Eka KDI, Nila Kamila, Nana Sandiyem dan pelawak Gareng Semarang. 

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.