Sunaryo Terpilih Pilkades PAW Desa Banyutowo


Sunaryo terpilih sebagai Kepala Desa PAW Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti setelah berhasil meraih suara terbanyak atas 'lawannya' Sri Hartati yang tak lain adalah istrinya sendiri. 



Pati, RadarMuria.Com                Sunaryo terpilih sebagai Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti setelah dalam pemungutan suara pada Musyawarah Desa Pilkades PAW Desa Banyutowo, Selasa (18/07/23), dinyatakan memperoleh suara terbanyak.

Dari Rekapitulasi Penghitungan Suara, Sunaryo berhasil memperoleh 81 suara dari 84 pemilih, sedangkan lawannya dalam pemilihan itu, Sri Hartatik, tidak mendapatkan suara satu pun. Terdapat 1 suara dinyatakan tidak sah dan 2 pemilih lainnya tidak memberikan suara hingga batas waktu yang ditentukan berakhir.

Calon Kepala Desa PAW terpilih, Sunaryo mengatakan bersyukur atas terpilihnya ia sebagai Kepala Desa Banyutowo.

"Syukur kepada Tuhan YME atas tercapainya yang dicitakan. Sesuai visi misi, akan melanjutkan pembangunan desa ke depan dengan berjuang sekuat tenaga agar Banyutowo semakin maju dan berkembang disegala bidang", ucap Sunaryo.

Tentu, tambahnya, dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat, berpedoman pada slogan 'Rakyate Kopen, Pejabate Kajen'.

Memiliki letak yang strategis, menurut Sunaryo yang memiliki latar belakang sebagai guru SD ini, banyak potensi Desa Banyutowo yang dapat dikembangkan, mulai dari sumberdaya manusia, pariwisata, budidaya perikanan, pantai dan lautnya, serta potensi pendukung lainnya.

Ketua Panitia Pilkades PAW Desa Banyutowo, Wahyu Agus Setyawan menerangkan, agenda ini merupakan tahapan akhir proses Pilkades PAW, yakni Musyawarah Desa, yang disepakati bersama BPD setempat menggunakan metode pemungutan suara, sesuai Perbup Pati Nomor 88 Tahun 2020.

"Pemilihnya terdiri atas ketua dan pengurus harian lembaga desa, Rt dan Rw, mantan kades, mantan BPD, mantan Ketua Rt satu periode sebelumnya, sesuai yang diatur di tatib", terang Wahyu.

Camat Dukuhseti, Agus Sunarko mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada seluruh elemen atas terselenggaranya Pilkades PAW Desa Banyutowo, yang berjalan sesuai tahapan dan tanpa kendala.

"Kepala desa terpilih harus lebih baik dari sebelumnya dan yang lebih utama mampu menjaga kondusifitas", harap Agus Sunarko.

Selain itu, dia juga berharap, fungsi pemerintahan Desa Banyutowo ke depan dapat berjalan dengan sebaik - baiknya; dan membangun perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.

"Dengan membangun dan mengembangkan potensi lokal yang berbasis perikanan dan potensi lainnya yang ada agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat", tambahnya.

Hasil Pilkades PAW tersebut, selanjutnya diusulkan kepada Pj Bupati Pati melalui Camat untuk dilakukan pelantikan, rencana akan berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati, bersama - sama dengan kepala desa terpilih hasil Pilkades PAW lainnya, yakni Desa Tayu Wetan dan Desa Bendokaton Kidul Kecamatan Tayu.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.