Peringati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, SDN Pati Kidul 01 Gelar Upacara Bendera


Upacara Bendera 17 Agustus memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI di SDN Pati Kidul 01 Kecamatan Pati.



Pati, RadarMuria.Com       Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, SDN Pati Kidul 01 Kecamatan Pati menggelar Upacara Bendera, 17 Agustus 2023.

Upacara bendera yang berlangsung di halaman sekolah setempat, Jalan Panglima Sudirman, diikuti kepala sekolah dan segenap guru, serta seluruh murid mulai dari kelas I hingga kelas VI. Selaku Pembina Upacara, guru wali kelas VI-D, Iis Dian Verawati dan pemimpin upacara oleh Gusman Arya Sena, siswa kelas VI-B.

Upacara diawali pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.

Pembina Upacara dalam amanat membacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional  Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) RI, antara lain bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dan bukan merupakan hadiah bangsa asing, tetapi diraih dengan pertaruhan seluruh jiwa dan raga.

"Perjuangan itu masih kita teruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah kita gerakkan selama empat tahun terakhir", katanya.

Layaknya perjuangan memperoleh kemerdekaan, lanjut amanat, Merdeka Belajar juga digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong. Kolaborasi dalam menghadirkan transformasi telah melahirkan banyak perubahan terbesar dalam perjalanan dunia pendidikan di Indonesia.

Grup Rebana SDN Pati Kidul 01 Juara II pada Lomba Mapsi-SD 2023 Tingkat Kecamatan Pati


"Dengan implementasi Kurikulum Merdeka, para peserta didik dan para pendidik kita sekarang telah merasakan keleluasaan dalam belajar mengajar. Kemerdekaan tersebut sudah dirasakan di lebih dari 250 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia", lanjutnya.

Melalui gerakan itu, Mendikbud-Ristek mengajak para pendidik dan orang tua untuk memahami bahwa keberhasilan belajar anak usia dini tidak terbatas pada baca- tulis- hitung, tetapi juga kemampuan literasi dan numerasi, keterampilan komunikasi dan karakter berlandaskan nilai- nilai Pancasila.

Didukung Permendikbud- Ristek tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan, semua warga sekolah semakin terjamin haknya untuk belajar, berkarya dan bekerja dengan aman dan nyaman.

"Gotong royong semua pihak, mulai dari kementerian, pemerintah daerah, warga satuan pendidikan sampai keluarga, merupakan kunci dari penghapusan segala bentuk kekerasan di lingkungan pendidikan", tandasnya.

Diakhir amanat, Mendikbud- Ristek juga mengajak untuk terus maju dan melaju, melanjutkan semangat para pendahulu agar senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar.

Usai upacara, dilanjutkan penyerahan piala kejuaraan Lomba Mapsi-SD 2023 Tingkat Kecamatan Pati, kepada siswa yang berhasil menyabet juara, antara lain Juara I di 8 cabang lomba dan Juara II di 6 cabang lomba lainnya. 

(RM. Usman)

---------------------------------------------------------------------




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.