Lomba Karawitan Tingkat SD dan SMP, Upaya Pelestarian Budaya Jawa

SDN Pati Kidul 01 Kecamatan Pati, meraih Juara 2 Lomba Karawitan SD dan SMP 2022 Tingkat Kabupaten Pati


Pati, RadarMuria.Com               Lomba Karawitan Tingkat SD dan SMP 2022, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, merupakan upaya nguri - uri (melestarikan) budaya Jawa.

Hal itu disampaikan Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Pati, Hadi Jatmiko, pada pembukaan lomba tersebut, Rabu (23/11/22).

"Mengapresiasi dalam rangka mendidik dan memberi edukasi bagi generasi muda, karena kecintaan terhadap karawitan saat ini masih sedikit", kata Hadi Jatmiko.

Menurutnya, lomba karawitan ini berpotensi dapat menyalurkan minat dan hobi anak SD dan SMP dalam berkesenian Jawa.

"Selain itu, sebagai upaya mengembangkan seni dan budaya Jawa, kami juga adakan pentas seni kethoprak pelajar, wayang kulit dan seni tradisi dengan kearifan lokal", tambahnya.

Disisi lain, salah satu juri dalam Lomba Karawitan ini, Sunaryo mengatakan, melihat antusiasme anak - anak dalam mengikuti lomba, ada suatu kegembiraan tersendiri.

"Hal itu mengingat  sudah bertahun - tahun tidak ada kegiatan Porseni karena pandemi Covid-19. Akibatnya, banyak anak sudah tidak mengenal kembali tembang Jawa maupun karawitan", kata Sunaryo.

Oleh karena itu, menurutnya, lomba ini tidak menekankan sisi kualitas, tetapi lebih sebagai upaya mendorong dan menggaungkan kembali agar anak - anak mencintai dan mengenal kembali suara gamelan dan tembang.

Namun, tambahnya, tetap ada aspek - aspek penilaian yang dilakukan, meliputi kesiapan peserta lomba, kualitas vokal dan keutuhan lagu.

"Di era globalisasi ini, anak - anak perlu dibentengi dengan nilai - nilai budaya", lanjutnya.

Dia berharap, setiap tahun digelar even seperti ini, sehingga minat dan potensi anak terhadap karawitan dapat tergali.

Sunaryo menambahkan, sarana - prasarana terkait seni dan budaya tersebut, juga perlu mendapat perhatian oleh pemerintah daerah.

"Mohon doa restunya. Kepada para guru, pelatih dan budayawan, kalau masih ingin mengembangkan (karawitan), jangan phobi atau takut dan jangan merasa sebagai minoritas (dalam berkesenian dan berkebudayaan)", tandas Sunaryo.

Lomba Karawitan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan Hari Guru Nasional 2022 itu, diikuti 13 peserta tingkat SD dan 10 peserta tingkat SMP.

Untuk tingkat SD, masing - masing wajib melantunkan tembang Gumregah, lagu identitas Pati Bumi Mina Tani, ciptaan Sunaryo.

Adapun hasil lomba untuk tingkat SD,

Juara 1 SDN Maitan 02 Kecamatan Tambakromo

Juara 2 SDN Pati Kidul 01 Kecamatan Pati

Juara 3 SDN Karangsari 01 Kecamatan Cluwak

Juara Harapan 1 SDN Margomulyo 01 Kecamatan Tayu

Juara Harapan 2 SDN Jollong 01 Kecamatan Gembong

Juga terpilih sebagai Pengendang Terbaik, yaitu SDN Maitan 02 Kecamatan Tambakromo.

Para juara akan mendapatkan piagam penghargaan, piala dan uang pembinaan.

Untuk tingkat SMP, hari ini Kamis (24/11/22) pagi, sedang berlangsung lomba tersebut.

(RM. Usman)

1 komentar:

  1. 🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀
    In life everyone goes through hard times, pain, suffering and losses. However only those who have the guts to get up and continue with their journey, emerge victorious. Investment in cryptocurrency, Bitcoin Mining/forex, is the surest way to earn maximum income. Not kidding you friends a trial will definitely convince you, congratulations to me for today's profit withdrawal, over (Thirty Five Thousand Dollars). You can enjoy this life changing opportunity by connecting with ( Mr Mark Toray ) Telegram: @Mark4toray_fx or Email: Marktoray8@gmail.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.