ANGGOTA BPD PERLU PENINGKATAN KAPASITAS

Ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (ABPEDSI) Kabupaten Pati, Soegiharto, AMa.Pd



Pati, RadarMuria.Com                Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) perlu adanya peningkatan kapasitas. Terlebih BPD merupakan lembaga yang berlegalitas dan berpayung hukum sangat jelas dan kuat.

Demikian dikatakan Ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (ABPEDSI) Kabupaten Pati, Soegiharto, Senin (03/01/22).

Landasan hukum itu, sebut Soegiharto, antara lain Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014, Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 dan Perda Kabupaten Pati Nomor 8 Tahun 2014.

"Badan Permusyawaratan Desa mempunyai peran dan fungsi penting. Didalam UU Nomor 6 Tahun 2014 pasal 55 dan dalam ketentuan umum pasal 1 ayat 4, yaitu melaksanakan fungsi pemerintahan di desa yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk berdasarkan keterwakilan wilayah yang pengisiannya dilakukan secara demokratis", sebutnya.

Tugas dan fungsi BPD, lanjut Soegiharto, meliputi bidang pelayanan, yakni menerima dan menyalurkan aspirasi masyarakat pada Pemerintah Desa.

Bidang regulasi, tambahnya, yaitu melakukan pembahasan dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa (Raperdes) bersama Kepala Desa.

"Juga bidang pemberdayaan, antara lain pembangunan fisik, moral maupun spiritual", tambah Soegiharto.

Namun demikian, dia mengungkapkan, secara arti dan fungsi anggota BPD selama ini dirasa masih belum sesuai yang diharapkan, sebagaimana telah diamanatkan undang - undang atau regulasi yang mengaturnya.

"Seakan - akan, BPD hanya merupakan lembaga pelengkap. Ini karena kurangnya pengertian dan pemahaman pihak terkait", ungkapnya.  




Oleh karena itu, mantan Kepala Desa Kebowan ini berharap, Pemerintah Kabupaten Pati  segera mengalokasikan  kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bersama, antara BPD dan Pemerintah Desa.

Selain bertujuan untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia masing - masing anggota BPD dan Pemerintah Desa, juga dalam rangka  mewujudkan fungsi koordinasi, komunikasi yang baik dan menyamakan persepsi.

"Sehingga tercipta keharmonisan dalam mengelola jalannya pemerintahan desa demi kepentingan masyarakat. Dan terjaganya kondusifitas wilayah yang aman, tenang dan nyaman", ucap Soegiharto.

Pihaknya juga meminta  Pemerintah Kabupaten Pati untuk mempertimbangkan  adanya uang kehormatan dan memperhatikan peningkatan kesejahteraan anggota BPD.

"Selama ini masih jauh dibawah UMR Kabupaten Pati yang saat ini lebih dari 1.9 juta rupiah per bulan. Untuk anggota BPD sebesar 1.75 juta rupiah per tahun, masih dipotong pajak. Sudah selayaknya untuk ditingkatkan dan dianggarkan melalui ABPD Kabupaten Pati", tegasnya.

Setidaknya, imbuh Soegiharto, dapat disetarakan atau seimbang dengan tugas dan fungsi anggota BPD.

Kepada jajaran ABPEDSI, Soegiharto berpesan, agar tetap semangat, iklas dan berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugas sebagai bentuk pengabdian terhadap ibu pertiwi, khususnya di desa masing- masing.

"Demi pembangunan dan kepentingan masyarakat. Insyaallah tuhan akan memberi kesejahteraan dalam diri dan keluarga kalian", pesan Soegiharto, singkat.

(RM. Usman)

2 komentar:

  1. Pendudukan: Harta Tanah / perhotelan
    kedudukan: Pengarah Urusan
    Nama: Najwa Mohammed
    Bandar: Miri
    Pinjaman saya mendapat: Rm 1.5 juta
    kadar faedah: 1%
    E-mel saya: najwamohammed369@gmail.com

    Halo, saya mengucapkan terima kasih kepada allah almight untuk kebaikan dan keberkasaan yang saya dapatkan dari AASIMAHA ADILA LOAN FIRM tahun ini 2022, saya ingin kita medium ini membiarkan muslim saya di malaysia, Tahun lepas saya telah memohon pinjaman banyak kali dan saya bodoh , Tahun ini ketika saya sedang menonton berita perniagaan saya di Aljazeera, saya melihat nama AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM pada wawancara menerangkan pakej mereka dan bagaimana mereka memberi pinjaman dan dana amal kepada mereka yang ingin memulakan perniagaan tahun ini. Oleh itu, saya mendengar dan menghubungi mereka dengan kenalan mereka di televisyen, saya memohon Rm 1.5 juta, pada kadar 1% dan pinjaman saya telah diluluskan dan saya mendapat pinjaman saya semudah mungkin. Saya mendapat pinjaman saya dan melabur lebih jauh ke hartanah suami saya. suami saya dari indonesia, banjir yang terjejas rumah keluarga kami di jakarta, sejak kami mendapat pinjaman, kami telah memperbaiki banyak hal dan membayar hutang bank juga.Jika anda ingin perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, anda bebas memohon sekarang dan dapatkan pinjaman anda .Mengingatkan diri anda untuk menjadi kuat dan tidak pernah berputus asa. Semakin banyak anda jatuh, semakin kuat anda menjadi bangun. Jangan pernah menyerah tidak kira apa. Buat janji kepada impian anda seolah-olah anda berjanji kepada anak anda. Saya berharap anda lebih besar tahun. Mungkin allah memberkati mereka allah

    MOHON SEKARANG
    E-mail****aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    w/a**** +971569461974

    BalasHapus
  2. Notis!! Notis!! Notis!!

    Adakah anda ingin membiayai semula perniagaan anda? Adakah anda memerlukan pinjaman Dalam Talian yang tulen untuk mendapatkan Bil anda? Memulakan perniagaan baru? Adakah anda memerlukan pinjaman peribadi? atau Pinjaman Perniagaan, Mohon pinjaman cepat dan mudah untuk memulakan pembiayaan baharu projek anda pada kadar faedah termurah 1.5%. Hubungi kami melalui e-mel:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]


    PERKHIDMATAN KAMI

    * Pinjaman Rumah
    * Pinjaman Kenderaan
    * Pinjaman Gadai Janji
    * Pinjaman Perniagaan
    * Kenderaan Kewangan
    * Pinjaman peribadi

    Adakah anda memerlukan sejumlah besar modal untuk memulakan cadangan atau pengembangan perniagaan anda? Adakah bank atau broker menolak Permohonan Pinjaman kerana Skor Kredit Rendah atau Kekurangan Cagaran? Jangan teragak-agak untuk menghubungi kami untuk kemungkinan kerjasama perniagaan. Kami menawarkan perkhidmatan pinjaman terjamin untuk kedua-dua warganegara dan bukan warganegara.

    Hubungi kami hari ini melalui e-mel: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.