BUPATI PATI INGATKAN NOTARIS HINDARI KONGKALIKONG





Pati, RadarMuria.Com
Memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2018, Kantor Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Pati menyelenggarakan upacara yang diikuti Kepala BPN beserta staf dan seluruh jajarannya, bertempat di halaman kantor tersebut pada Senin (22/9).

Upacara dihadiri Wakil Bupati Syaiful Arifin, Sekda Ir. Haryono, Dandim 0718/Pati Letkol Arm. Arief Darmawan, S.Sos; Kapolres Pati yang diwakili Kabag Ren Kompol Rahadi dan para notaris di wilayah Pati.

Bupati Pati H. Haryanto selaku Inspektur Upacara dalam sambutan menghimbau kepada Kepala BPN beserta staf, terkait kasus - kasus pertanahan yang muncul di wilayah Kabupaten Pati, supaya diselesaikan secara arif dan bijaksana sesuai mekanisme hukum atau aturan yang berlaku.

Lebih lanjut, bupati juga berharap agar BPN sering memberi sosialisasi agar masyarakat memperoleh kejelasan tentang pengurusan tanah.

Terkait Program PTSL ( Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ) yang telah dijalankan oleh BPN Pati, bupati menyampaikan rasa terima kasih, karena program tersebut dinilai dapat membantu memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat dengan beaya murah.

Selain itu, kepada para notaris yang hadir dalam acara tersebut, Bupati H. Haryanto juga mengingatkan agar notaris dalam menjalankan fungsinya untuk berpedoman pada aturan yang ada, termasuk aturan tentang pengenaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan ( BPHTB ).

"Jangan sampai terjadi _kongkalikong_ dengan petugas terkait. Ke depan jangan sampai muncul anggapan ada oknum yang bermain di sana", pesan H. Haryanto.

Metode _online_ yang saat ini diterapkan dalam pengurusan tanah, lanjut bupati, juga diharapkan dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan bisa mengurangi kecurangan yang mengakibatkan munculnya masalah lain. ( usman )

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.