Sedekah Bumi, Desa Blaru Gelar Kirab Kerakyatan

Pemdes dan BPD Desa Blaru mengikuti Kirab Kerakyatan dalam rangka sedekah bumi.

Ketua Panitia Sedekah Bumi Desa Blaru, Sunardi bersama Ketua BPD, Sunaryo.



Pati, RadarMuria.Com                  Dalam rangka memperingati Sedekah Bumi 2023, Desa Blaru Kecamatan Pati menggelar acara Kirab Kerakyatan, Minggu (11/06/23).

Kirab diikuti Kepala Desa Blaru beserta perangkat, lembaga desa, BPD, tokoh dan seluruh lapisan masyarakat, menampilkan berbagai seni dan budaya.

Kirab dimulai pukul 14.00 WIB mengambil start depan Balai Desa Blaru, selanjutnya mengelilingi wilayah desa setempat; dan berakhir kembali di depan balai desa. Kirab berlangsung meriah dengan mendapat sambutan dan antusiasme warga.

Ketua Panitia Sedekah Bumi Desa Blaru, Sunardi mengatakan, rangkaian kegiatan bersih desa (sedekah bumi) tahun ini meliputi khajat massal, pengajian umum, pagelaran wayang kulit dan seni kethoprak siang - malam, serta kirab kerakyatan.

Khajat massal melibatkan seluruh masyarakat Desa Blaru



"Dalam rangka sedekah bumi ini kita gelar berbagai kegiatan. Dan hari ini, diadakan Kirab Kerakyatan", jelas Sunardi.

Dia berharap, dengan adanya ritual sedekah bumi ini, Desa Blaru ke depan akan lebih baik, maju dan makmur serta selamat dari segala musibah.

Acara sedekah bumi ini sendiri, menurutnya, merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas anugerah yang diberikan bagi masyarakat Desa Blaru.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Blaru, Sunaryo menambahkan, pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan Kirab Kerakyatan yang berlangsung meriah dan mampu mendorong antusiasme masyarakat terlibat didalamnya.

"Saya mewakili masyarakat, menilai pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Terlihat, masyarakat sangat antusias turut memeriahkannya", tutur Sunaryo.

Ke depan, dia pun berharap, acara dapat digelar lebih meriah lagi.

Kirab Kerakyatan tersebut menjadi penutup agenda rangkaian kegiatan Sedekah Bumi Tahun 2023 Desa Blaru.

(RM. Usman)


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.