PEMDES MARGOREJO BERDAYAKAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

Kepala Desa Margorejo, Haryono



Pati, RadarMuria.Com             Pemerintah Desa Margorejo Kecamatan Margorejo berupaya mengoptimalkan pemerataan pembangunan demi kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Selain pembangunan bidang infrastruktur, sektor pertanian lokal juga menjadi perhatian pemerintah desa dibawah kepemimpinan Kepala Desa Haryono, yang baru dilantik akhir Mei lalu.

Sudah barang tentu, sebagai kepala desa baru, Haryono harus mewujudkan visi misi yang pernah disampaikannya pada saat kampanye pilkades.

Salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat melalui program pembuatan pupuk organik, yang diharapkan dapat menambah nilai ekonomi bagi warga.

"Saat ini, beberapa warga sudah kami ajak untuk belajar dan praktik pembuatan pupuk organik yang dibeayai oleh mereka sendiri", terang Kades Margorejo, Haryono, di balai desa setempat, Rabu (2/6).

Proses pembuatan pupuk tersebut, lanjut Haryono, berbahan kotoran ternak, keong sawah dan pohon pisang yang mudah diperoleh di lingkungan tempat tinggal warga.

"Untuk kotoran ternak sendiri diambil dari warga yang banyak beternak kambing maupun sapi. Selanjutnya diproses dengan fermentasi. Kotoran ternak akan menjadi pupuk padat, sedangkan keong dan pohon pisang menjadi pupuk cair", ungkap Haryono.

Program pembuatan pupuk organik tersebut, tambahnya, guna meminimalkan penggunaan pupuk kimia secara berkepanjangan yang dapat mengakibatkan lahan menjadi rusak.

"Penggunaan pupuk kimia secara terus - menerus bisa mengakibatkan lahan rusak. Unsur tanah juga perlu diperhatikan dan dijaga demi kelestarian lingkungan. Sehingga produksi pertanian bisa maksimal saat panen", tambah Haryono.

Oleh karena itu, dia menyebut, demi menjaga struktur tanah dan menjaga produktifitas pertanian, masyarakat diminta beralih ke pupuk organik.

Dengan demikian, menurutnya, apabila produk pertanian  terjaga bahkan meningkat, dengan sendirinya kesejahteraan petani juga turut meningkat.

Terkait program pembangunan lainnya, Haryono menegaskan, akan dilakukan secara merata tidak sebatas pada titik atau wilayah tertentu.

"Melainkan beberapa tempat yang dikerjakan bersama. Kemudian kami akan serahkan kepada masing - masing wilayah untuk pengerjaannya. Misalnya, pembangunan di wilayah Rw 3, juga pada saat pengerjaan infrastruktur dikerjakan oleh warga setempat yang ditunjuk pemdes dan begitu seterusnya", tuturnya.

Pihaknya juga akan memberi akses dan kesempatan bagi warga untuk turut dalam pekerjaan demi pemerataan pendapatan.

Haryono berharap, program pembangunan baik infrastruktur maupun perekonomian Desa Margorejo mendapat dukungan semua pihak demi terwujudnya kemakmuran rakyat.

(RM :/Heru)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.