BUPATI PATI : PDAM TIRTA BENING PUNYA PERAN SOSIAL



Pati, RadarMuria.Com
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening Kabupaten Pati, selain sebagai perusahaan yang berorientasi profit juga punya peran sosial.

Peran sosial dimaksud, karena PDAM sebagai penyedia air untuk hajat kehidupan orang banyak.

Hal itu disampaikan Bupati Pati H. Haryanto saat sambutan pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Direktur Utama dan Direktur Teknik PDAM Tirta Bening Kabupaten Pati, pada Sabtu pagi (9/2) di aula kantor tersebut.

Hadir Wakil Bupati Syaiful Arifin, Sekda Ir. Suharyono dan pejabat Pemerintah Kabupaten Pati lainnya serta tamu undangan.

Pada kesempatan itu bupati menyampaikan ucapan selamat kepada Bambang Soemantri selaku Direktur Utama dan I Ketut sebagai Direktur Teknik.

Selanjutnya bupati meminta kedua pejabat segera melakukan langkah - langkah koordinasi internal guna menjalanka fungsi dan tugas memajukan perusahaan dan peningkatan pelayanan masyarakat.

"Selamat kepada pejabat yang dilantik dan segera lakukan koordinasi untuk memajukan PDAM dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat", pinta bupati.

Inovasi juga hal yang diminta oleh bupati, misalnya memproduksi air minum kemasan dengan brand Tirta Bening yang dapat dipasarkan ke masyarakat.

Bambang Soemantri Direktur Utama (sebelumnya adalah Direktur) usai pelantikan kepada RadarMuria.Com mengatakan, sesuai amanat Bupati Pati pihaknya akan segera berkoordinasi untuk memajukan PDAM dan meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.

"Sesuai dengan visi misi kami yaitu meningkatkan pelayanan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan pegawai dan berkontribusi kepada Pemerintah Kabupaten Pati", ujar Bambang Soemantri.

Dibandingkan dengan saat di KSO (Kerja Sama Operasional)- kan dengan pihak ke-3 waktu itu, Bambang menyebut bahwa sejak 2015 hingga 2018 perusahaan yang dipimpinnya itu sudah mengantongi laba atau keuntungan. Walaupun, diakuinya, laba yang didapat masih dalam posisi naik - turun.

Disisi lain untuk mencukupi kebutuhan air baku, pihaknya mengembangkan ide - ide, salah satunya yaitu mengolah air Sungai Silugonggo dengan membuat water treatmen yang mempunyai kapasitas 50 liter per detik yang mampu menyuplai 4000 hingga 4500 pelanggan.

Untuk terus mendapatkan ketersediaan air baku, Bambang menambahkan, pada 2019 ini melalui Balai Besar Wilayah Sungai direncanakan akan membangun embung di Kasiyan Kecamatan Sukolilo seluas 5 hingga 6 hektar. Termasuk didalamnya pembangunan water treatment, jaringan distribusi utama, distribusi langsung dan distribusi pembagi.

Saat ini PDAM Tirta Bening melayani sejumlah 31.400 pelanggan dan dalam operasionalnya didukung  sebanyak 179 pegawai.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.