PROGRAM TMMD SENGKUYUNG TAHAP I/2021 KABUPATEN PATI RESMI DIBUKA





Pati, RadarMuria.Com                TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung Tahap 1 Tahun Anggaran 2021 Kabupaten Pati, resmi dibuka.

Pembukaan oleh Bupati Pati bersama Kasdim 0718/Pati dipusatkan di Desa Tondomulyo Kecamatan Jakenan, Selasa (2/3).

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sudiyono, serta Muspimcam Jakenan dan Pemdes setempat.

Bupati Haryanto dalam sambutan mengatakan, Program TMMD bertujuan untuk mendukung, mendorong dan memotivasi masyarakat menumbuh-kembangkan swadaya bersinergi dengan TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Pati.

"Alhamdulillah masih ada Program TMMD yang diterima oleh dua desa", kata bupati.

Haryanto menyebut, Desa Tondomulyo termasuk wilayah yang sering terkena banjir sehingga layak mendapatkan Program TMMD, sekalipun hampir semua desa infrastrukturnya telah bagus karena dukungan Dana Desa.




Kasdim Mayor Sholihin mewakili Dandim Pati mengatakan, Program TMMD tidak lepas dari sejarah lahirnya TNI, yang disebutnya merupakan anak kandung dari rakyat.

Sehingga, lanjut Kasdim, dalam momentum TMMD yang bertema "Sinergi Membangun Negeri" menjadi wujud kebersamaan TNI dengan rakyat serta unsur terkait lainnya.

"TMMD merupakan wujud kebersamaan TNI bersama Pemda, Polri, dinas terkait dan unsur lainnya secara bersama - sama untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat", kata Mayor Sholihin.

Pelaksanaan TMMD, tambahnya, dilakukan secara gotong - royong dan atas dukungan semua pihak, diharapkan dapat berjalan dengan baik.

Tahun ini, sasaran TMMD Kabupaten Pati digulirkan untuk Desa Tondomulyo Kecamatan Jakenan  dan Desa Angkatan Lor Kecamatan Tambakromo.

Sasaran pokok untuk Desa Tondomulyo meliputi betonisasi jalan desa dengan volume panjang 425 meter, lebar 4 meter dan tebal 15 centimeter.

Ditambah rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 2 unit dari Disperkim dan 1 unit dari Baznas Kabupaten Pati.

Sedangkan untuk Desa Angkatan Lor, sasaran pokok meliputi betonisasi jalan desa dengan volume panjang 640 meter, lebar 4 meter dan tebal 12 centimeter.

Juga rehab RLTH sebanyak 2 unit dari Disperkim dan 1 unit dari Baznas.

Di akhir acara, diserahkan bantuan secara simbolis berupa paket sembako 20 buah dari Dinas Sosial, 200 lembar masker kesehatan dari Dinkes, terpal dan benih ikan 3000 ekor beserta pakan dari Dislautkan Kabupaten Pati.

Bantuan juga diberikan Kemenag Kabupaten Pati berupa alat kebersihan untuk masjid.

(RM. Usman : /Snpt.Pendim)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.