BUPATI HARYANTO : HINGGA SAAT INI BELUM ADA YANG POSITIF COVID-19 DI PATI

Bupati Haryanto : Hingga saat ini belum ada yang positif Covid-19 di Pati


Pati, RadarMuria.Com
Bupati Pati H. Haryanto menegaskan, hingga saat ini di Kabupaten Pati belum ada yang positif Covid-19.

Penegasan itu disampaikan Bupati Haryanto saat jumpa pers di Pendopo Kabupaten Pati, Jumat (27/3), dalam rangka menyampaikan informasi perkembangan Covid-19 di Kabupaten Pati. 

"Sekali lagi saya tegaskan, sampai saat ini, di Pati belum ada yang positif corona", tegas Haryanto yang didampingi Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekda Ir. Suharyono, Kepala Dinkes dr. Edy Siswanto dan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Pati dr. Edy Sulistyono.

Untuk satu orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan), lanjut bupati, sebelumnya telah dilakukan uji laboratorium tahap pertama.

"Untuk hasilnya dinyatakan negatif. Kemudian untuk uji lab tahap kedua, sampai saat ini belum diketahui hasilnya", lanjutnya.


Bupati Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin terjun langsung pada penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor Pemkab Pati, beberapa waktu lalu.

Sesuai informasi dari Kepala Dinkes, sebut bupati, uji laboratorium yang kedua juga dimungkinkan negatif, merujuk pada hasil uji yang pertama.

Ditambahkan, total PDP di Kabupaten Pati tercatat ada empat orang dan saat ini tinggal satu orang.

Sebab, tiga diantaranya yang dirawat di RSUD Soewondo Pati, 2 orang sudah dinyatakan negatif virus corona dan 1 PDP meninggal karena penyakit lain.

"PDP yang meninggal itu memang memiliki riwayat penyakit paru - paru. Lalu kambuh saat situasi virus corona mulai mewabah. Kita tunggu hasil lab kedua dalam waktu satu hingga dua hari", terang Haryanto.

Bupati berharap, adanya informasi ini masyarakat tidak perlu panik maupun cemas, namun menurutnya tetap perlu kewaspadaan dan kehati-hatian. 

"Tidak perlu cemas. Taati dan patuhi semua aturan yang telah dibuat oleh pemerintah. Untuk kebaikan kita bersama", pinta bupati.

Menurut data per 27 Maret pukul 09.00 WIB,  ODP (Orang Dalam Pengawasan) sebanyak 238 orang dan yang telah melewati masa inkubasi sebanyak 138 orang. Sisanya (100 orang) masuk masa pantau.


Sosialisasi melalui baliho yang terpasang di beberapa sudut Kota Pati

Pemerintah Kabupaten Pati bersama stakeholder, dalam pencegahan dan penanganan wabah virus corona, telah mengambil langkahdan upaya.

Antara lain, mengeluarkan Surat Edaran Bupati Pati Nomor 440/766 tentang Pencegahan Perkembangan dan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Pati, melakukan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan di tempat umum, hingga menutup lokasi wisata dan tempat hiburan.

Bahkan, tak segan - segan,  Bupati Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin terjun langsung melakukan sosialisasi dan penyemprotan dimaksud. 

Bupati Haryanto juga telah memerintahkan para camat, kepala desa dan bidan desa untuk menyisir wilayahnya masing - masing guna mendata warga yang baru pulang dari luar daerah atau luar negeri, untuk segera dilaporkan.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.