BERHARAP PERUBAHAN POLA KONSUMSI DARI FESTIVAL PANGAN LOKAL KABUPATEN PATI





Pati, RadarMuria.Com
Festival Pangan Lokal - Inovasi Kreatif Industri Pangan Kabupaten Pati yang diselenggarakan mulai Sabtu (3/11), telah berakhir pada Minggu siang (4/11) bertempat di Alun - alun Simpang 5 Pati.

Penutupan festival yang mengangkat tema Lokal Panganku - Sejahtera Desaku tersebut, dilakukan oleh Bupati H. Haryanto bersama Sekretaris Daerah Ir. Suharyono didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati Ir. Sujono.

Festival yang diikuti oleh para organisasi perangkat daerah (opd) yang menampilkan 30 _stand_ usaha mikro kecil menengah ( UMKM ) tersebut, juga diisi berbagai lomba. Diantaranya lomba mewarnai untuk anak - anak, lomba kreasi atau inovasi pangan, pameran aneka produk olahan dan seminar UMKM.

Sebelum penutupan acara, dilakukan penyerahan hadiah bagi para juara kategori masing - masing. Untuk Lomba Melengkapi dan Mewarnai Gambar, Juara 1 diraih Kevina Atalie dari SDN Sekarjalak 01 Kecamatan Margoyoso, Juara 2 diraih Intan Nur Azizah SDN 01 Gabus Kecamatan Gabus dan Juara ke - 3 diraih Manggala Rizki Pratama dari SDN Sidokerto 03 Kecamatan Pati.



Adapun untuk Lomba Inovasi Olahan Pangan Lokal kategori Kecamatan, Juara 1 dengan nilai 90,4 diraih oleh unit kerja Kecamatan Juwana, Juara ke-2 dengan nilai 88,2 diraih Kecamatan Tlogowungu dan Juara 3 dengan nilai 82,8 diraih Kecamatan Batangan.

Sedangkan Lomba Olahan Pangan Lokal kategori Umum, Juara 1 dengan nilai 85,6 diraih oleh Klaster Makring, Juara 2 meraih nilai 84,8 diduduki oleh KWT. Karya Mulya dan Juara ke-3 dengan nilai 82,4 diraih oleh SMA PGRI 2 Kayen. Masing - masing juara menerima piala dan piagam penghargaan.

Bupati H. Haryanto pada penutupan acara berharap, festival itu dapat mendorong masyarakat untuk merubah pola konsumsi dari bahan pokok beras kepada bahan pangan alternatif, yang ketersediaannya cukup melimpah di Kabupaten Pati. Tidak hanya untuk makanan pokok, namun dapat dikreasikan sehingga menjadi kuliner yang diminati dan bisa menjadi oleh - oleh khas Kabupaten Pati. (RM. Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.