WAKIL BUPATI PATI : UMKM PILAR PEREKONOMIAN KABUPATEN PATI



Pati, RadarMuria.Com
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu pilar perekonomian di Kabupaten Pati dan terbukti mampu berkembang serta bertahan dari gempuran krisis ekonomi.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Pati H. Syaiful Arifin saat audiensi dengan Pengurus Kupat (Komunitas UMKM Pati) bertempat di Ruang Joyo Kusumo Setda Kabupaten Pati, beberapa waktu lalu.

"Perekonomian di Pati bisa bertahan dan berkembang bahkan bisa menahan krisis, memang dari UMKM. Gerakan - gerakan kecil dari usaha kecil menengah seperti ini sudah seyogyanya harus benar - benar dijalankan maupun digerakkan", terang wabup.

Wabup menilai, terbentuknya Kupat memang penting sebagai wadah untuk menampung para pelaku UMKM yang ada di Pati dan sekitarnya. 

"Saya sangat setuju bahwa UMKM ini terdapat wadah yang menaungi. Tentu demi kebaikan dan kemajuan juga perkembangan berbagai usaha yang telah dirintis", ujar wabup.

Wabup juga berharap, dengan terbentuknya Kupat ini jangan sampai ada persoalan antar pengurus, apalagi timbul rasa persaingan karena terdapat kesamaan produk.

Justru, menurut wabup, dengan wadah seperti ini, berupaya agar dapat menciptakan pasar untuk kemajuan dan perkembangan usaha.

"Berbicara bisnis adalah berbicara tentang bagaimana membangun jaringan dengan banyak orang. Sebab, dengan terbangunnya jaringan, produk akan dapat berkembang secara otomatis. Selain itu dalam menawarkan produk, hindari perasaan minder, tetap harus percaya diri", jelas Syaiful Arifin yang juga meminta Kupat untuk segera mengurus status Halal atas produk - produk yang dihasilkan untuk dikonsumsi masyarakat.

Audiensi Kupat dengan Ketua Yuli Sanjoyo itu bertujuan untuk mendapat arahan dan motivasi terkait perkembangan wadah UMKM tersebut, ke depan.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.