PERKUMPULAN FORUM WARTAWAN PATI (FWP) DIKUKUHKAN



Pati, RadarMuria.Com
Perkumpulan Forum Wartawan Pati ( FWP ) yang dibentuk sebagai wadah profesi jurnalis di Kabupaten Pati, kemarin Rabu (18/12) bertempat di 'Kampus Kehidupan' komplek TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Margorejo dikukuhkan oleh Ketua Dewan Pembina FWP, sekaligus peresmian Gerakan Orang Tua Asuh Pohon (GOTAP) oleh Bupati Pati H. Haryanto.

Hadir Wakil Bupati Syaiful Arifin, Sekda Ir. Suharyono, Kasdim 0718/Pati Mayor Much. Solikhin, Kajari Pati, Bag Humas Polres Pati, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati Ir. Mohtar Efendy dan para Kepala OPD terkait, perwakilan Perum Bulog Divre IV Pati, PT Sinar Indah Kertas, PT Hamparan Property, anggota Sako Pramuka FWP dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan, Ketua FWP Alman Eko Darmo mengatakan, perkembangan teknologi yang sangat pesat terkait informasi, memaksa dilakukannya aturan atau perundangan yang mengatur penyajian informasi atau berita yang marak di medsos (media sosial). "Namun saya tekankan bahwa wartawan jangan menyajikan berita hoaks atau berita yang tidak semestinya. Bagi kami, itu suatu dosa besar", tegas Alman.



Bupati H. Haryanto dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat kepada FWP yang telah dikukuhkan. Selanjutnya bupati mengatakan, peran media sangat penting dalam rangka menginformasikan hasil - hasil pembangunan di Kabupaten Pati. "Kita saling membutuhkan, namun segala informasi hendaknya diklarifikasi dan dokoordinasikan terlebih dahulu kepada yang bersangkutan", terang bupati.

Karena, menurut bupati, informasi yang telah disajikan dalam suatu pemberitaan dapat berdampak positif atau negatif.
Walau demikian, bupati menyebut, bahwa pihaknya tidak anti kritik manakala ada pihak - pihak yang mengkritisi setiap kebijakan Pemerintah Kabupaten Pati. "Bagi kami, kritik adalah bentuk masukan untuk bisa lebih baik", ujar bupati.

Bupati H. Haryanto menambahkan, peran wartawan sangat penting terlebih di era informasi yang serba cepat sekarang ini. Ia berharap para wartawan mampu menjadi pelopor anti hoaks, sehinga tidak membuat berita yang justru menyesatkan.

Forum Wartawan Pati dibentuk dan disahkan dengan Badan Hukum Nomor AHU - 0012952.AH.01.07. Tahun 2018 dengan jumlah personel sebanyak 57 jurnalis meliputi pengurus dan anggota.

Dalam kiprahnya, FWP telah banyak menelorkan kegiatan yang setidaknya dapat memberi manfaat bagi anggota, masyarakat dan lingkungan. Misal gerakan penanaman pohon, membentuk GOTAP, mendirikan Sako Pramuka FWP. Termasuk, mendirikan Pawarta Budaya, sebuah grup kesenian kethoprak yang pelakonnya adalah para wartawan yang tergabung dalam FWP, sebagai bentuk nguri - uri kebudayaan Jawa. ( RM. Usman )

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.