PENYUSUNAN DAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN KABUPATEN PATI 2017 - RAIH OPINI WTP



Pati, RadarMuria.Com
Untuk kali ke - tiga secara berturut - turut, Kabupaten Pati meraih penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan - Kementerian Keuangan RI atas keberhasilan dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2017 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ).

Penghargaan dibidang pengelolaan keuangan negara ini, diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo kepada Bupati Pati H. Haryanto pada Rapat Koordinasi Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan ( DJPb ) Provinsi Jawa , Tengah dengan pemerintah kabupaten se-Jawa Tengah, bertempat di Hotel Novotel Semarang pada Rabu (31/10).

Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo dalam sambutan mengatakan, WTP merupakan indikasi kewajaran atas semua hal yang berkaitan pelaporan keuangan dan bersifat material sesuai Standar Akuntansi Pemerintah ( SAP ).
Gubernur juga mdnyampaikan rasa syukur, karena dari 35 kabupaten / kota se Jawa Tengah, lebih dari 90 persen telah berhasil mendapatkan Opini WTP.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah Sulaimansyah mengatatakan, penghargaan sebagai hasil penilaian BPK tersebut diharapkan mampu mendorong terwujudnya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.
"Dari parameter tersebut, BPK memberikan penilaian dalam bentuk opini, yaitu WTP ( Wajar Tanpa Pengecualian ), WDP (Wajar Dengan Pengecualian), TW (Tidak Wajar) dan TMP (Tidak Melakukan Pemeriksaan)", sebut Sulaimansyah.

Ditengah permasalahan ekonomi global dan pembangunan yang kian kompleks, lanjut Sulaimansyah, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah perku mengambil langkah - langkah strategis untuk menjamin setiap program pembangunan.

"Peran akuntabilitas diwujudkan dalam bentuk _sharing_ peningkatan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Focus Group Discussion (FGD), Workshop Akuntansi Persediaan, Pengelolaan BLUD dan penyusunan Kajian Fiskal Regional (KFR) serta Government Finance Statistic (GFS)", jelas Sulsimansyah.

Bupati Pati H. Haryanto usai menerima penghargaan itu menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada sekuruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang telah bekerja keras melaksanakan program, juga kepada anggota dewan dan semua pihak serta seluruh masyarakat yang telah mendukung kinerja Pemerintah Kabupaten Pati.

"Jika sebelumnya penilaian atas lapiran keuangan daerah berhenti pada opini BPK, maka ini adalah bentuk penghargaannya bagi daerah yang meraih WTP. Dengan diraihnya Opini WTP ini, tentu akan menjadi pertimbangan pusat pada saat menentukan Dana Insentif Daerah", kata Bupati H. Haryanto. (RM. Usman /: Setda Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.