PEDULI LINGKUNGAN - FORUM WARTAWAN PATI SELENGGARAKAN GERAKAN TANAM POHON



Pati, RadarMuria.Com
Forum Wartawan Pati (FWP) dalam kiprah dan eksistensinya mewarnai jurnalisme di Kabupaten Pati, tidak hanya terbatas pada penyampaian informasi atau pemberitaan, namun juga berfungsi sosial.

Seperti yang telah dilakukan oleh FWP, yaitu membentuk berdirinya Komunitas Bukan Kata - Kata, satu bentuk komunitas yang tidak sekadar omong doank , tetapi benar - benar menjalankan yang telah diprogramkan, salah satunya adalah kepedulian terhadap lingkungan dengan menyelenggarakan kegiatan Tanam Pohon, yang dilaksanakan pada Sabtu pagi (10/11) bertempat di halaman belakang Stadion Joyo Kusumo Pati.



Kegiatan tanam pohon bertema 'Bantu Kami Untuk Bisa Tumbuh' itu, terselenggara berkat kerjasama Forum Wartawan Pati dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( DPUTR ) Kabupaten Pati, Kodim 0718/Pati, FKKPI, Paguyuban PKL Simpang 5 dan Sako Penegak Pramuka FWP serta Pramuka Penggalang Gugus Depan SD N Sidokerto 03 Kecamatan Pati.

Tersedia lubang tanam yang telah dipersiapkan sebelumnya sebanyak 300 titik, yang ditanami dengan aneka bibit pohon, yaitu ketapang kencana, trembesi, gembilina dan aneka bibit buah terdiri atas jambu biji, alpukat, durian dan lain - lain.

Ketua FWP Alman Eko Darmo mengatakan, gerakan tanam pohon sebagai bentuk kepedulian lingkungan dari para jurnalis yang tergabung dalam FWP, yang bertujuan untuk melestarikan jenis - jenis pohon sekaligus menjaga lingkungan.

"Upaya untuk melestarikan aneka pohon dan sebagai bentuk pembelajaran kepada masyarakat dan generasi muda agar peduli terhadap lingkungan, dengan cara menanam pohon", ujar Alman alias Ki Samin.

Memasuki musim penghujan ini, pihaknya akan melakukan penanaman pohon di sejumlah lokasi, yaitu di pinggir jalan kabupaten antara Sukolilo - Baturejo turut Kecamatan Sukolilo. Juga di beberapa embung yang dibangun pada 2017 lalu, yaitu Embung Gemeces, Embung Dayan, Embung Dengkek dan Embung Garas.

Selanjutnya juga telah dijadwalkan penanaman cemara laut di kawasan pantai Dororejo Kecamatan Tayu dan di pantai Sumurtowo Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti.

Ki Samin berharap, atas kegiatan tanam pohon tersebut, ke depan dapat menggugah para pihak untuk turut berpartisipasi dan bekerjasama dalam Gerakan Tanam Pohon di lingkungan masing - masing, yang dimotori oleh Komunitas Bukan Kata - Kata yang dibentuk oleh Forum Wartawan Pati. (RM. Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.