METODE ROCKPOT - CARA MENGETAHUI KESEHATAN JANTUNG DAN PARU





Pati, RadarMuria.Com
Peringatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) 2018 dengan tema 'Aku Cinta Sehat' bersub tema 'Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita' berlangsung Rabu pagi (28/11) bertempat di halaman rumah dinas Bakorwil Jalan Panglima Sudirman Pati. Hadir Bupati H. Haryanto, Wakil Bupati Syaiful Arifin, Kepala Staf Kodim 0718/Pati Mayor Sholikhin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, para Kepala OPD dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pati.

Bupati Haryanto mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Balkesmas
(Balai Kesehatan Masyarakat) berupa senam bersama dan tes kebugaran, kesehatan jantung dan paru dengan menggunakan Metode Rockpot.

Bupati Haryanto berkesempatan melakukan tes kebugaran tersebut, dengan terlebih dahulu berjalan cepat sejauh 1,6 kilometer mengelilingi area. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, Bupati Haryanto dinyatakan sehat jantung dan paru.

Dalam kesempatan itu, bupati menyampaikan rasa keprihatinan atas meningkatnya jumlah penderita penyakit dalam. "Seperti yang telah kita ketahui bersama saat ini, kasus - kasus penyakit diabetes militus, hipertensi, jantung dan gangguan peredaran darah lainnya, jumlahnya semakin meningkat", ujar bupati.

Ia berharap, melalui Peringatan HKN, menjadi langkah awal untuk lebih peduli pada kondisi kesehatan masing - masing. "Karena bagaimanapun, kesehatan merupakan investasi kita untuk hidup lebih produktif, yang akhirnya nanti akan menunjang kinerja kita dalam melayani masyarakat", harap bupati, yang menyambut baik dan mendukung sepenuhnya acara yang diselenggarakan oleh Balkesmas Pati.

Melalui kegiatan pengukuran kebugaran tersebut, bupati juga berharap kepada masyarakat tidak berhenti memeriksakan kondisi hanya sampai pada tahapan itu. "Tetapi perlu dilakukan secara periodik, sehingga dapat diketahui riwayat kesehatan masing - masing", terang bupati.

Ketua Panitia Ismuharti menerangkan, tugas dan fungsi pokok Balkesmas adalah bertanggungjawab dalam upaya pencegahan dan promosi kesehatan masyarakat. Ia berharap, kegiatan hari itu sebagai titik awal untuk bisa peduli pada kondisi kesehatan, dengan melakukan cek secara rutin.

Metode Rockpot adalah suatu tes kebugaran jasmani yang didahului dengan cara berjalan cepat sejauh 1,6 kilometer yang harus ditempuh dalam waktu 1 menit (atau sesuai kemampuan), kemudian diukur denyut nadi dalam waktu 1 menit pula. Termasuk, seb erapa banyak kemampuan menghirup O2 (oksigen) dan pengeluaran CO2 (karbondioksida).



Metode ini biasa digunakan untuk menguji kemampuan kardiovaskuler (sistem peredaran darah) dalam satu aktifitas dengan estimasi kemampuan aerobik ( jalan ). Sehingga akan dapat diketahui tingkat kesehatan jantung dan paru - paru kita. ( RM. Usman /: Humas Setda)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.