BERHARAP SENI MURAL MENJADI EMBRIO WISATA LINGKUNGAN DI PATI



Pati, RadarMuria.Com
Aksi coret - coret pada dinding tembok pada mulanya adalah sebagai bentuk menyampaikan ekspresi pelaku, yang dianggap 'kurang gawean' dan terkesan mengotori dinding.

Seiring perkembangan keadaan, aksi yang sekarang dikenal dengan sebutan mural itu, makin berkembang secara ragam bentuk kreasi dan warnanya sehingga memunculkan nilai seni tersendiri. Bahkan ada komunitas dengan bakat coret - coret tersebut, untuk menunjukkan eksistensi.

Demi menyalurkan bakat itu, telah digelar Lomba Mural dengan tema 'Bumiku Rumahku' bertempat di Perumahan Wijaya Kusuma Dukuh Gembleb Desa Kutoharjo Kecamatan Pati, pada Minggu (11/11).

Lomba yang diikuti para pelajar itu, dihadiri dan disaksikan oleh Bupati Pati H. Haryanto dan Wakil Ketua DPRD Joni Kurnianto bersama warga setempat.

Bupati H. Haryanto mengapresiasi kegiatan tersebut yang bertujuan untuk menyalurkan bakat seni mural dari para peserta yang umumnya kawula muda dengan media yang tepat. Bahkan, bupati juga memberi motivasi agar lomba atau kegiatan yang semacamnya dapat diselenggarakan di tempat lain yang biasa dipakai aksi coret - coret.

"Dengan adanya lomba mural ini, memberi kesempatan kepada kawula muda maupun masyarakat yang senang berkreasi di dinding. Dan malah mengubah lingkungan menjadi baik dan tertata indah, dibandingkan coret - coret yang tidak bermanfaat", ujar bupati.

Bupati menyebut, kegiatan mural sudah banyak dilakukan di daerah - daerah lain, hingga akhirnya menjadi daerah wisata. Bupati berharap, seni menghias tembok ini bisa menjadi embrio wisata di kota Pati. "Itu tempatnya tidak harus jauh dan megah, tetapi dengan adanya kesenian semacam ini bisa dipakai untuk wisata lingkungan", tambah Bupati Haryanto.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Joni Kurnianto mengatakan, kegiatan mural ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pemuda penggerak masyarakat. Dan diharapkan dari lomba ini akan melahirkan lebih banyak individu yang mampu membangun dan memberi kontribusi bagi Kabupaten Pati.

"Para peserta diharapkan mampu mengatasi permasalahan lingkungan di tempat tinggalnya. Dan memberi solusi efektif bagi masyarakat sekitar", tutur Joni Kurnianto. (RM. Usman /: Humas Setda)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.