PERINGATI CTPS SEDUNIA DINKES KABUPATEN PATI KAMPANYEKAN GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT



Pati, RadarMuria.Com
Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun ( CTPS ) Sedunia, Dinas Kesehatan ( Dinkes) Kabupaten Pati menyelenggarakan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), bertempat di Plaza Pragolo Margorejo Pati pada Selasa pagi (30/10). Kegiatan dihadiri oleh Bupati Pati H. Haryanto, Sekda
Ir. Suharyono, Plt Kepala Dinkes dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pati
Hj. Musus Haryanto.

Bupati H. Haryanto pada kesempatan itu, berharap Germas di Kabupaten Pati dapat berjalan sukses. "Diawali dari keluarga, ibu rumah tangga diharapkan bisa meluangkan waktu untuk melakukan pola hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga", kata bupati.

Dalam kurun waktu 30 tahun terakhir ini, menurut bupati, menjadi perhatian dan kekhawatiran semua pihak bahwa penyakit yang terjadi dalam kehidupan masyarakat beralih ke penyakit tidak menular, seperti strok, jantung dan diabetes.

Mengantisipasi akan terjadinya penyakit tersebut, bupati meminta kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas fisik semisal senam massal dan cek kesehatan secara berkala untuk meminimalisasi resiko terserang penyakit.

Bupati menambahkan, saat ini resiko terserang penyakit tidak terbatas di usia tua, namun yang masih muda pun juga harus waspada dengan cara menjaga kesehatan.

"Germas perlu dukungan seluruh komponen masyarakat, sosialisasikan di instansi dan lingkungan masing - masing", pinta Bupati
H. Haryanto.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Pati dr. Edi Sulistyono mengatakan, tujuan kampanye Germas antara lain untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan setiap orang untuk hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur dan terukur.
Germas juga mengajak masyarakat untuk gemar makan sayur dan buah serta melakukan deteksi dini terhadap penyakit, agar derajat kesehatan masyarakat bisa meningkat dan terwujud baik.

"Diharapkan dengan berbagai program kesehatan dan berperilaku hidup sehat, mampu mengurangi potensi kematian dan mampu menjaga kualitas hidup masyarakat", pungkas dr. Edi Sulistyono.
(RM. Usman /: Humas Setda)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.