MAHASISWA MAGANG DIHARAPKAN MAMPU APLIKASIKAN HASIL PRAKTIK



Pati, RadarMuria.Com
Pelepasan Mahasiswa Magang di UPTD Balai Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan - Dinas Pertanian Kabupaten Pati dari Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus telah dilaksanakan pada Rabu (17/10) bertempat di aula UPTD setempat, Jalan Kembangjoyo - Kalidoro Kecamatan Pati.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala UPTD Agus Cahyono, SP dan Kasi Produksi Tanaman Pangan Suyudono, SP serta 12 mahasiswa magang yang telah selesai menjalani praktik di 'kampus pertanian' tersebut.

Agus Cahyono, SP dalam sambutan mengatakan, setelah menjalani magang kedepan diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan hasil praktik yang telah didapat. Termasuk aspek - aspek yang menjadi penilaian saat magang, meliputi sikap kesopanan, kedisiplinan, kesungguhan, kemampuan bekerja secara mandiri maupun kerjasama, inisiatif dan kreatifitas serta ketelitian.



"Setelah menjalani magang, diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan hasil praktik dan menjalankan beberapa aspek yang telah menjadi penilaian. Sehingga bermanfaat bagi masyarakat", terang Agus Cahyono.

Kasi Produksi Tanaman Pangan Suyudono, SP dalam arahan, mengapresiasi keberadaan mahasiswa magang di Balai Benih dan berpesan agar sesuatu yang baik dapat diambil dan membuang yang tidak baik. Artinya, lanjut Suyudono, mahasiswa dapat memetik ilmu yang manfaat, sehingga menjadi bekal dalam kehidupan masyarakat. "Sesuai ilmu yang telah diberikan oleh para pembimbing, supaya diingat dan dilaksanakan", pesan Suyudono, yang dalam sosialisasi dan penyuluhan pertanian sering mengedepankan pendekatan logika, humanisme dan kekeluargaan.

Sementara itu Iwan Irianto didampingi Shinta Putri mahasiswa magang dari Fakultas Pertanian UMK itu, kepada RadarMuria.Com mengatakan, ia dan mahasiswa magang lainnya telah mendapatkan banyak pengalaman selama praktik di UPTD. "Mendapat pengalaman dan pengetahuan baru, selain teori - teori yang kami pelajari di bangku kuliah. Menyampaikan rasa terima kasih atas penerimaan kami dan atas bimbingan yang telah diberikan", ujar Iwan Irianto, mahasiswa semester akhir di fakultas tersebut.

Mahasiswa magang terdiri 4 perempuan dan 8 laki - laki itu berasal dari Kabupaten Pati, kecuali 1 mahasiswa yang berasal dari Kudus. Selama menjalani magang, mereka diterjunkan di perkebunan wilayah UPTD meliputi Kebun Hortikultura Tlogorejo turut Kecamatan Tlogowungu, Kebun Hortikultura Waturoyo di Kecamatan Margoyoso dan Kebun Kalidoro. Masing - masing mengikuti praktik cara pembibitan, perawatan tanaman, pengendalian hama dan penyakit, pembuatan pupuk organik cair dan cara membuat cairan perangkap hama.

Acara diakhiri saling bersalaman antara mahasiswa magang dengan para pejabat dinas dimaksud serta berfoto bersama di depan kantor setempat, juga pemberian cindera mata. (RM. Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.