BUPATI PATI : PASTIKAN BANTUAN PKH TEPAT SASARAN



Pati, RadarMuria.Com
Rapat koordinasi membahas Program Keluarga Harapan (PKH), digelar Pemkab Pati pada Selasa (9/10) bertempat di Ruang Pragolo Setda Pati. Hadir Bupati H. Haryanto, Kepala Dinas Sosial ( Dinsos ) Kabupaten Pati yang diwakili oleh Sekretaris Dinsos, Kabag Kesra, para Camat se- Kabupaten Pati, para petugas PKH Koordinator Pati serta tamu undangan.

Dalam penyampaiannya, Bupati Pati mengatakan tujuan rapat itu untuk mengetahui program berjalan sudah sesuai dan tepat sasaran, atau belum. Juga dalam rangka untuk evaluasi, perbaikan dan penyempurnaan program yang sudah ada.

"Terkadang data tidak selalu valid. Dikarenakan petugas PKH, belum secara maksimal melakukan pengecekan di lapangan", ujar bupati.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan rapat koordinasi itu diharapkan program yang dijalankan beserta targetnya akan bisa sesuai dengan sasaran. "Kalau sudah sesuai sasaran, maka seharusnya angka kemiskinan akan mengalami penurunan, khususnya di Kabupaten Pati", lanjut bupati.

Untuk mendukung upaya itu, bupati meminta kepada petugas PKH untuk benar - benar bisa mengevaluasi dan membuat laporan per tahun atas pencapaian manfaat. Sehingga, harap bupati, jangan sampai sasaran yang telah ditetapkan petugas
PKH justru menimbulkan kesenjangan.

Bupati juga menyebut, bantuan yang telah digelontorkan oleh pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan sudah banyak sekali. Oleh sebab itu, lanjutnya, bantuan yang diberikan melalui PKH itu harus dipastikan sampai kepada target sasaran, misal kepada para ibu hamil, para penyandang difabilitas dan warga kurang mampu sesuai variabelnya.

"Kesalahan data terkait target sasaran, ujung - ujungnya Pemkab yang akan disalahkan.
Padahal sudah mengakomodir penerima bantuan, secara maksimal", pungkas Bupati Pati H. Haryanto.
(RM. Usman /: Humas Setda)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.